9 Cara Edit Video Di HP dan PC (Hasilkan Video Berkualitas Terbaik)

Editing video kini bukanlah sesuatu hal yang sulit, bahkan dengan banyaknya aplikasi-aplikasi yang ada saat ini membuat cara edit video jadi semakin mudah. Kamu pun juga tak perlu selalu mengedit menggunakan PC saja, namun dari Hp pun juga mudah.

Kamu tak perlu mengedit video secara online, aplikasi-aplikasi editing video seperti dibawah ini bisa digunakan kapanpun tanpa harus terhubung dengan jaringan internet. Apa saja rekomendasi aplikasi terbaik untuk cara edit video ? ini list nya yang bisa disampaikan.

Aplikasi Untuk Edit Video Di Hp

Saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi yang dapat membantu kamu mengedit video-video berkualitas meskipun di iphone atau android sekalipun. Seperti aplikasi-aplikasi dibawah ini yang bisa langsung kamu unduh di store smartphonemu.

1. KineMaster

Bisa dikatakan jika KineMaster menjadi salah satu aplikasi terbaik untuk editing video di android. Banyak pengguna aplikasi ini memanfaatkan fitur-fitur di dalamnya untuk cara edit video instagram hingga Youtube.

Fitur-fitur yang tersedia dalam kinemaster terbilang cukup canggih yang memudahkan untuk melakukan import file dari berbagai media. Selain itu kamu juga bisa memotong, menambah tulisan, hingga memberikan efek dalam video dengan mudah.

Ingin belajar cara edit video di aplikasi Kinemaster? Bisa dicoba langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka aplikasi Kinemaster terlebih dahulu pada tutorial cara edit video Nanti akan muncul halaman depan aplikasi seperti dibawah ini. Setelah itu klik (+).kine master edit video di iphone
  • Nanti akan muncul tampilan untuk pengguna memilih rasio video yang akan dibuat. Misalnya saja jika kamu ingin mengedit video untuk youtube maka kamu bisa memilih rasio 16:9.
  • Selanjutnya akan muncul halaman selanjutnya, disana kamu bisa klik Media untuk menambah beberapa video atau foto yang akan diedit.
  • Untuk menambah tulisan tangan, efek, media, hamparan maupun text bisa dicoba dengan mem pause bagian mana video mana yang ingin ditambahkan. Setelah itu klik Lapisan dan kamu bisa memilih apa yang akan ditambahkan.
  • Jika ingin menambahkan text, nanti akan muncul beberapa pilihan style font dan pengaturan letak teks.
  • Kamu juga bisa memasukkan beberapa video atau gambar dan menambahkan tanda jeda di antaranya dengan menggunakan Efek Transisi.
  • Untuk menambahkan musik ke dalam video, bisa klik Audio dan akan muncul tampilan dimana kamu bisa memilih musik sesuai keinginan. Klik (+) untuk menambahkan audio pilihan. Setelah itu klik centang yang ada di pojok kanan atas
  • Selain menambahkan musik atau audio, kamu juga bisa menambahkan sound efek dengan menggunakan fitur Assets FX. Sedangkan untuk merekam suara bisa mengklik ikon mikrofon Suara.
  • Setelah selesai membuat video, kamu juga bisa langsung share hasil editing video di sosial media. Kamu hanya perlu klik tanda berbagi di bagian samping kanan. Setelah itu baru klik Ekspor.

Artikel Menarik : Cara Download Lagu

2. Adobe Premiere Clip

Kini Adobe Premiere tidak hanya tersedia di iOs saja, namun kamu juga bisa mengunduhnya di Android. Aplikasi editing video hp ini terbilang ringan karena menyesuaikan kemampuan pemrosesan pada ponsel yang digunakan.

Dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan drop dan drag video klip hingga menyusun video sesuai dengan urutan. Selain itu fitur yang ditawarkan juga bisa memudahkan pengguna untuk mengatur pencahayaan, memotong durasi, hingga menambah efek.

Dan yang lebih hebatnya lagi, kamu bisa mengirimkan hasil editing video ke Adobe Premiere versi dekstop yang tentu saja dengan fitur-fitur yang lebih canggih. Ingin tahu cara edit video dengan aplikasi android ini? bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Adobe Premiere Clip di hp kamu sebelum lanjut ke cara edit video. Setelah itu buka aplikasinya.
  • Saat pertama kali membuka adobe, pengguna diharuskan untuk login ke akun Adobe. Jika belum, kamu bisa membuat akun terlebih dahulu dengan mengklik sign up for free.
  • Setelah proses pendaftaran selesai, kamu akan diarahkan ke halaman awal Adobe Premiere Clip. Akan muncul halaman awal seperti dibawah ini. Untuk membuat project baru bisa klik plus (+) di bagian bawah.cara edit video di hp
  • Pilih video mana yang akan dijadikan project untuk diedit. Setelah memilih bisa klik
  • Disini kamu akan diberikan 2 pilihan untuk cara edit video yaitu secara otomatis dan Jadi kamu bebas ingin memilih yang mana.cara pakai adobe premiere untuk edit video
  • Misalnya saja pada tutorial kali ini akan digunakan automatic, nanti akan ada dua tab yang ditunjukkan. Tab pertama digunakan mengatur soundtrack, sedangkan tab kedua untuk mengatur kecepatan video.
  • Jika ingin menambah sequence bisa dilakukan dengan klik ikon yang ada di bagian atas. Setelah itu klik ikon plus dan kemudian klik ikon ponsel untuk import file video atau gambar ke project yang sedang dikerjakan.
  • Apabila kamu merasa kurang leluasa jika menggunakan cara otomatis, bisa juga beralih menggunakan mode Freeform dengan klik ikon film di bagian atas. Setelah itu pilih convert to freeform.
  • Di mode freeform sendiri ada banyak pilihan tools yang bisa digunakan mengedit. Kamu bisa bebas menggunakannya dalam mengedit video.
  • Jika video sudah selesai diedit dan ingin disimpan. Bisa klik ikon berbagi yang ada di pojok atas. Nanti akan muncul beberapa pilihan tempat untuk menyimpan video, share video atau ingin mengimportnya ke Premier Pro.

Kamu Wajib Baca : Cara Kompres Video

3. Inshot

Aplikasi inshot juga menjadi salah satu pilihan untuk editing video dengan mudah dan cepat di android. Apalagi aplikasi bisa diunduh dan digunakan secara gratis.

Banyak pengguna yang memanfaatkan aplikasi ini untuk editing video yang akan diunggah di instagram. Hal ini karena kamu tak perlu memotong lagi dengan menggunakan aplikasi ini. Ingin tahu cara edit video mudah dengan inshot? Bisa ikuti langkah dibawah ini.

  • Unduh terlebih dahulu dan kemudian buka aplikasi inshot
  • pada halaman awal akan muncul 3 menu seperti dibawah ini. Karena ingin mengedit video, maka kamu bisa memilih menu video. Meskipun akan digunakan foto sebagai bahan editing, maka tetap memilih menu yang satu ini untuk melanjutkan ke cara edit video.Inshot cara mudah edit video di Iphone
  • Pilih kanvas yang ada di pojok bawah. Disini kamu bisa memilih rasio sesuai kebutuhan editing video. Mulai dari ukuran asli, 1:1, 4:5, 9:16 dan lainnya.
  • Untuk menambahkan musik, ada pada menu di sebelah ikon kanvas. Nanti kamu bisa menambahkan musik, merekam audio langsung, ataupun memberikan efek suara.
  • Ikon smile yang ada di samping menu musik digunakan untuk menambahkan stiker, gif, emoji, dan lainnya. Cocok untuk kamu yang senang editing untuk di share sosial media seperti tiktok.
  • Pada fitur ikon T digunakan untuk menambahkan teks ke dalam video yang diedit. Misalnya saja untuk lirik lagu, kamu bisa menggunakan menu ini. Teks yang dimasukkan juga bisa ditentukan warna, jenis font, efek masuk dan keluar, hingga bingkai.
  • Jika ingin memberikan filter, efek hingga setting adjust pada cara edit video di aplikasi ini, bisa mengklik ikon di samping ikon T.
  • Terdapat di sebelah menu filter, ada menu Pra potong yang berfungsi untuk memotong bagian-bagian tertentu yang tidak dibutuhkan dalam video. Terdapat 3 metode sekaligus yang ditawarkan yaitu Trim, Cut, dan Split.
  • Masih banyak menu-menu editing dalam aplikasi Inshot yang bisa kamu lihat sendiri. Setelah editing video selesai, file video bisa disimpan atau di share ke sosial media lainnya
  • Jika ingin menyimpan, nanti akan ada dua pilihan kualitas video yaitu 720p dan 640p yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Tunggu proses ekspor dan nanti video akan tersimpan ke galeri hp kamu.

4. FilmoraGo

Aplikasi edit video lainnya yang bisa diunduh di android adalah FilmoraGo. Bahkan aplikasi editing video ini cukup digemari banyak pengguna karena mudah digunakan. Fitur-fitur yang tersedia di dalamnya juga terbilang lengkap.

Mulai dari memotong video, menambahkan musik, tema, dan juga menggabungkan beberapa video. Kamu juga bisa memilih rasio video dan menambahkan beberapa efek seperti transisi dan slow motion.

Untuk langkah-langkah cara edit video dengan FilmoraGo bisa diikuti dibawah ini :

  • Buka aplikasi FilmoraGo terlebih dahulu dan akan muncul halaman depan seperti dibawah ini. Untuk memulai bisa klik saja pada bagian Buat Video BaruCara edit video menggunakan vilmora go
  • Setelah itu kamu akan diminta memilih beberapa video yang akan diedit. Jika sudah memilih maka klik tambah.
  • Klik berikutnya dan tunggu beberapa saat untuk proses ekspor video
  • Setelah selesai, maka kamu bisa memilih tema video
  • Jika ingin menambahkan musik tinggal klik saja menu Musik. Sedangkan untuk menambah transisi bisa klik Transisi.
  • Untuk memotong atau memilih rasio video, klik pada menu di sebelah kanan.
  • Jika editing video sudah selesai dilakukan maka klik tombol pensil yang ada pada menu. Tunggu beberapa saat untuk proses render dan video akan tersimpan dalam handphone kamu.
  • Namun bukan hanya bisa disimpan, file video yang sudah diedit pun bisa di share ke sosial media lainnya

Penting Untuk Kamu Tau : Cara Membuka Situs yang Diblokir

5. Quik

Aplikasi Quik tak hanya membantu memudahkan memotong video saja, kamu juga bisa menambahkan tulisan, efek, serta menyinkronasi semua dengan cepat dengan adanya tambahan musik.

Dan yang lebih menyenangkannya lagi adalah, aplikasi Quik bisa digunakan secara gratis dan tentu saja mudah pengoperasiannya. Untuk langkah dan cara edit video dengan Quik bisa diikuti dibawah ini:

edit video youtube dengan quik

  • Untuk memulai, maka klik tanda (+) yang ada di kanan bawah layar. Setelah itu pilih file foto dan video yang ingin diedit
  • Setelah memilih dan mencentang, nanti di bagian Add Title Intro tuliskan judul video yang akan diedit
  • nantinya file yang sudah dipilih akan dianalisa dan digabungkan menjadi satu video. Setelah itu akan ditampilkan preview video tersebut. Untuk hal ini mungkin akan membutuhkan waktu lama tergantung dari spesifikasi handphone yang digunakan
  • kamu bisa menggunakan tema video, disini tersedia berbagai tema menarik dengan berbagai kategori. Mulai dari ceria, sedih, dan lainnya.
  • Untuk memulai menyunting, klik ikon pensi agar bisa mengakses tools yang digunakan untuk edit video. Seperti crop, split, dan kecepatan video. Bagi yang masih pemula, cara edit video di quik cukup mudah karena cukup user interface pada halaman editing
  • Jika ingin memilih background musik sudah tersedia di aplikasi ini. Jika tidak menemukan musik yang pas, kamu bisa mengunggahnya dari memori ponsel.
  • Selain menambahkan musik, kamu juga dapat mengedit ukuran video, mengatur durasi, dan memasukkan teks.
  • Setelah proses editing selesai, maka klik ikon upload di pojok kanan bawah. Akan ada pilihan lokasi penyimpanan, akan disimpan di memori ponsel atau ingin di share ke sosial media.

6. PowerDirector

Aplikasi edit video android ini juga sering direkomendasikan karena fitur yang lengkap dan juga mudah pengoperasiannya bagi pemula. Bagi kamu yang suka memberikan efek pada cara edit video, disini sudah tersedia hingga lebih dari 30 efek serta transisi yang berbeda.

Kamu pun juga bisa menggabungkan beberapa video menjadi satu. Untuk langkah-langkahnya, ikuti cara edit video dibawah ini.

  • Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi ini di handphone, jika belum bisa langsung mendownload di Playstore. Namun untuk versi gratis, sayangnya kamu tidak bisa melakukan rendel full HD. Selain itu akan ada watermark pada hasil editing video. Akan lebih baik menggunakan versi berbayar pada aplikasi ini.
  • Setelah berhasil didownload, buka aplikasi dan nanti akan muncul pilihan untuk membuat file baru. Klik Ok untuk melanjutkan.edit video di HP dengan power director
  • Setelah itu akan ditampilkan menu pilihan untuk menambahkan gambar, lagu, dan video. Untuk menambahkan langsung dari kamera, kamu bisa klik Video Capture. Jika ingin memasukkan video ke area timeline, klik tanda (+) pada klip video
  • Untuk memberikan efek transisi antara satu klip dengan lainnya, klik ikon yang ada pada antara dua klip tersebut.
  • Pada halaman utama edit video, pada bagian sebelah kiri terdapat ikon untuk menambahkan teks, gambar, stiker, video/lagu, hingga efek video.
  • Jika ingin trim video, maka tekan pada klip yang diinginkan. Kamu bisa menggeser ke kiri atau kanan. Bisa juga menggunakan tool di sebelah kiri untuk potong, delet, crop, flip, dan lainnya.
  • Setelah selesai editing video, kamu bisa melakukan render pada menu di sebelah kanan atas. Klik Produce Video dan kemudian Save to Gallery. Kemudian tunggu proses render hingga selesai.

Baca Juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet

Software Untuk Edit Video Di PC / Laptop

Jika kamu ingin belajar cara edit video yang lebih kompleks dengan kualitas lebih tinggi, kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi editing video yang dikhususkan untuk penggunaan PC/laptop.

1. Adobe Premiere Pro

Jika berbicara mengenai aplikasi editing video terbaik di PC/laptop, maka Adobe Premiere menjadi yang paling pertama direkomendasikan. Meskipun terlihat rumit, namun Adobe Premiere Pro sebenarnya masih bisa digunakan oleh pemula.

Ada banyak fitur-fitur editing video terbaik yang seringkali digunakan para profesional editor video yang bisa kamu coba. Dan yang lebih kerennya lagiĀ  adalah kamu bisa melakukan editing video berkualitas tinggi hingga resolusi 4K.

Ada banyak format yang ditawarkan dengan codec yang lengkap pula. Berbeda dengan aplikasi editing video PC lainnya, tampilan Adobe Premiere cukup kerenĀ  dan juga dapat digunakan mengedit efek.

Bagaimana langkah-langkah cara edit video di aplikasi ini? Berikut ini penjelasannya.

  • Langkah pertama tentu saja kamu harus memiliki aplikasi edit video ini di PC/laptop. Buka aplikasi ini dan nanti akan muncul pilihan untuk New Project .
  • Pilih untuk memulai editing video. Kamu juga perlu menambahkan nama pada project yang sedang dikerjakan tersebut, lokasi penyimpanan, serta pengaturan lainnya.
  • Sebelum mengedit video, kamu perlu membuat sequence. Bisa dengan ketik tombol Ctrl + N. Untuk tahapan sequence ini terbilang penting karena kamu harus memilih resolusi untuk editing video. Kamu hanya perlu menyesuaikan sesuai kebutuhan.
  • Setelah itu akan muncul tampilan awal Adobe Premiere. Kamu bisa menggunakan fitur-fitur yang ada untuk editing. Namun yang paling penting adalah Sequence atau timeline yang digunakan untuk menyatukan beberapa video yang diedit dan juga menambahkan suara atau efek.Cara edit video di laptop dengan adobe premiere pro
  • Jika ingin menambahkan file video ke dalam timeline, maka kamu perlu melakukan Klik saja menu File dan kemudian pilih Import, atau bisa dengan Ctrl+I dan kemudian pilih video.
  • Setelah impor, maka secara otomatis video tersebut akan masuk ke dalam project. Semua bahan yang akan diedit akan ada di kolom Project. Dan sekarang ini kamu hanya perlu memindahkan video ke timeline dengan Drag and Drop
  • Pada proses editing video ini, file pada panel terbagi menjadi dua format yaitu audio dan video. Jika ingin menggunakan audio eksternal maka kamu bisa memindahkannya pada kolom Audio 1. Dan jangan lupa menghapus audio asli
  • Bisa klik kanan pada file yang ada di Sequence kemudian klik Unlink. Maka secara otomatis bagian audio dan video akan terpisah satu sama lainnya yang memudahkan saat editing. Tekan delete pada Audio 1 maka nanti audio akan otomatis terhapus.
  • Pada bagian sequence, kamu juga dapat memotong adegan per adegan. Caranya juga sangat mudah tinggal klik C pada keyboard kemudian enter pada adegan yang ingin dihapus. Dan hal ini juga berlaku pada audio.
  • Pada bagian atas merupakan preview untuk melihat hasil editing yang dilakukan agar menghindari adanya kesalahan atau tidak sinkron satu sama lainnya.
  • Untuk memudahkan mengedit, ada beberapa keyboard shortcut yang bisa digunakan selama mengedit di Adobe Premiere seperti:
  1. Cut: Ctrl + C
  2. Paste: Ctrl + V
  3. Undo: Ctrl + Z
  4. Redo: Ctrl + SHIFT + Z
  5. Open Project: CTRL+O
  6. Close Project: CTRL+SHIFT+W
  7. Save: Ctrl + S
  8. Dan lainnya.
  • Setelah proses editing selesai, maka kamu bisa melanjutkannya pada proses rendering. Untuk melakukannya klik menu File pada pojok kiri atas. Kemudian pilih Export dan kemudian Media.
  • Akan muncul jendela pengaturan. Nanti kamu diminta mengatur untuk format video apakah dalam bentuk avi, mp4, 3gp, dan lainnya.
  • Jika ingin hasil yang terbaik maka pilih Use Maximum Render Quality
  • Jika sudah yakin, kamu bisa klik Export maka tinggal menunggu saja proses hingga berjalan 100%

2. Sony Vegas Pro 17

Aplikasi besutan Sony ini juga direkomendasikan bagi kamu yang mencari aplikasi edit video PC yang terbaik. Tidak hanya bisa mengedit video dengan mudah, kualitas editing video yang dihasilkan juga tidak perlu diragukan.

Aplikasi dari Negeri Sakura ini memang banyak digunakan oleh para profesional. Karena merupakan aplikasi bertaraf internasional, jadi tak heran jika fitur-fitur yang ditawarkan juga mumpuni. Untuk cara edit video menggunakan aplikasi ini sebenarnya tidak rumit.

Kamu cukup dengan melakukan drop and drag pada video yang akan diedit dan kemudian Vegas Pro akan membaginya ke 2 kolom yaitu video dan sound. Sony Vegas Pro sendiri adalah aplikasi editing video yang sifatnya non linear (NLE)

Jadi memungkinkan penggunanya mengatur setiap frame berbentuk klip video digital dengan cara yang mudah. Pengguna juga bebas mengakses frame manapun saat melakukan cara edit video di aplikasi ini.

Ini panduan dasar cara edit video menggunakan Sony Vegas Pro.

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Sony Vegas Pro. Kemudian lakukan setting terlebih dahulu pada bagian project video properties. Atau juga bisa menekan Alt+Enter di keyboard.
  • Langkah ini dilakukan untuk menyesuaikan kualitas output video dan kostumisasi rendering jika ingin di upload di Youtube misalnya.sony vegas aplikasi edit video di PC
  • Untuk memasukkan file video yang akan diedit bisa dengan klik menu File dan kemudian pilih Open. Atau juga bisa dengan menekan Ctrl + O
  • Pilih video mana yang akan diedit dan kemudian klik OK. Tunggu beberapa saat hingga proses transfer video selesai dilakukan
  • Setelah selesai, kamu sudah bisa melakukan drag video ke timeline langsung. Setelah masuk ke bagian timeline maka kamu bisa edit sesuai keinginan.
  • Kamu bisa melakukan potong, pemberian transisi, efek, dan lainnya. Sudah ada tools yang tersedia untuk editing video.
  • Setelah proses editing video, kamu tinggal melakukan rendering.Namun sebelumnya pastikan jika editing video sudah tepat dan tidak ada salah
  • Untuk melakukan rendering bisa dengan memblok pada bagian yang akan di render. Setelah itu klik pada bagian kosong bawah timeline. Kemudian tahan dan tarik disesuaikan.
  • Kembali lagi ke menu file dan kemudian pilih render as. nanti akan muncul halaman baru dimana kamu perlu menentukan ukuran dan jenis video yang dibutuhkan. Setelah itu lakukan render.

3. Adobe After Effect

Kamu juga bisa menggunakan Adobe After Effect jika ingin melakukan cara edit video di PC/laptop. Adobe After Effect memang jadi pilihan terbaik untuk mempercantik video. Karena aplikasi ini menawarkan standard effect hingga lebih dari 50 macam.

cara menambahkan effect saat editing video

Kamu bisa menggunakannya untuk mengubah dan membuat animasi objek. Sehingga visual effect pada video editan mu juga lebih terlihat nyata. Ada beberapa bagian dalam After Effect yang perlu kamu pelajari seperti:

  • Menu bar, berisikan kumpulan menu yang digunakan untuk mengakses fitur-fitur editing video di dalamnya. Terdiri atas File, Edit, Composite, Layer, Effect, Animation, dan lainnya.
  • Tool Bar, Berisikan fitur-fitur yang digunakan untuk mengedit video seperti teks, zoom, clone, shapes, dan lainnya
  • Komposisi, bagian ini menampilkan isi frame untuk komposisi yang sudah dipilih
  • Library dan Effect View, tempat file source yang berisikan juga tampilan efek-efek yang dimunculkan pada video. Ini juga menjadi tempat import, video dan audio, komposisi, graphics, dan lainnya.
  • Kumpulan pallete, berisikan beberapa fitur seperti Audio, Effect, Time, dan lain. Untuk pembelajaran dasar, pada bagian ini memang tidak terlalu diperhatikan.
  • Detail Effect dan Layer, palette untuk navigasi editing video dan juga memberikan sentuhan layer mde, masking, maupun blend mode.
  • Timeline, berfungsi menampilkan panjang dan durasi video serta tampilan keyframe dan layer.

Untuk langkah cara edit video di aplikasi ini, bisa ikuti tutorial dibawah ini:

  • Buka aplikasi terlebih dahulu. Nanti akan muncul jendela pop up Welcome. Kemudian pilih New Composition. Atau bisa juga dengan klik Menu Composition dan pilih New
  • Atur durasi dan ukuran pada video di Composition Setting.
  • Kamu bisa langsung melakukan editing video dengan tools yang tersedia.
  • Setelah selesai, maka dilanjutkan dengan melakukan proses render.

Nah itu tadi beberapa cara edit video yang bisa kamu coba baik di android maupun di PC. Lalu manakah yang terbaik yang dapat direkomendasikan? Baik aplikasi di PC maupun di hp sama saja.

Jika kamu mencari cara edit video yang simple dan mudah, mungkin kamu bisa mencobanya di aplikasi HP. Karena kebanyakan aplikasi editing video di PC sudah cukup kompleks dan profesional untuk menghasilkan video berkualitas tinggi.

Leave a Comment