15 Layanan Aplikasi Desain Rumah (Mudah Untuk Pemula)

Memiliki rumah idaman adalah impian kita semua. Namun, terkadang ketika kita merenovasi rumah, apa yang kita bayangkan berbeda dengan apa yang dibayangkan oleh mandor tukang kita. Maka dari itulah, terkadang kita membutuhkan aplikasi desain rumah untuk memperjelasnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, kita semakin dimudahkan dalam kehidupan sehari-hari dari semakin berkembangnya teknologi disekitar kita.

Hal yang sama pun terjadi dalam proses mendesain rumah. Hal yang dulunya hanya dilakukan oleh segelintir orang, sekarang bisa dilakukan oleh siapapun dan dimanapun.

Di sini, kami akan memberikan sedikit wawasan mengenai aplikasi desain rumah dan bagaimana cara menggunakannya. Kami juga akan memberikan sedikit rekomendasi aplikasi yang bisa kalian gunakan kedepannya jika ingin mendesain rumah kalian sendiri.

Pengertian Aplikasi Desain Rumah

Secara definisi umum, desain rumah adalah kegiatan dimana kita melakukan pemodelan terhadap sebuah rumah atau bangunan, baik dari sisi exterior, seperti desain fisik, maupun interior, seperti tata letak decor.

Dari sini, kita bisa tarik kesimpulan bahwa aplikasi desain rumah adalah aplikasi yang membantu kita dalam melakukan pemodelan terhadap sebuah rumah ataupun bangunan.

contoh aplikasi desain rumah

Aplikasi seperti ini terbilang sangatlah membantu, baik bagi pengguna profesional maupun pengguna amatir, karena sifatnya yang mudah dalam memperbaiki kesalah atau melakukan revisi.

Nah, setelah mengetahui sedikit mengenai pengertian dari aplikasi desain rumah, kami akan memberikan beberapa contoh yang bisa kalian gunakan nantinya. Aplikasi ini terbagi kedalam 3 macam, yaitu aplikasi PC, aplikasi Android, dan aplikasi yang bisa kita temukan secara online.

Baca Juga : Aplikasi Kompres Video

Software PC untuk Design Rumah Terbaik

Di materi ini, kita akan membahas aplikasi desain rumah yang bisa kalian download dan install pada PC maupun laptop kalian.

Pada umumnya, aplikasi pada kategori ini memiliki tingkat akurasi dan modifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan aplikasi pada kategori lainnya.

Selain itu, aplikasi pada kategori ini juga memberikan fleksibilitas kepada penggunanya berdasarkan kemampuan mereka, sehingga bagi para pemula atau yang hanya membutuhkan aplikasi ini saat ini saja, masih bisa dengan mudah menggunakannya.

Di sini, kami akan merekomendasikan 5 aplikasi desain rumah yang bisa kalian gunakan dalam PC maupun laptop kalian

1. ArchiCAD

archicad aplikasi desain rumah gratis

ArchiCAD adalah aplikasi pertama yang kami rekomendasikan ketika ingin membangun rumah idaman kalian.

Aplikasi ini bisa terbilang merupakan aplikasi serba bisa yang sangat mudah untuk digunakan, baik bagi para pemula, maupun arsitek yang sudah berpengalaman.

Aplikasi ini sendiri memberikan fitur yang mengakomodasi segala bentuk desain yang ingin kita kerjakan, baik dari desain rumah sederhana, hingga gedung-gedung bertingkat.

Selain memberikan tampilan 2D desain rumah kita, ArchiCAD juga dilengkapi dengan fitur 3D dimana kita bisa melihat secara langsung, penampilan 3D Interior desain kita.

Berbicara mengenai interior, ArchiCAD juga dapat menampilkan desain decor sederhana seperti mayoritas aplikasi yang berada pada kategori ini.

Developer Graphisoft
Size 1.95 GB
Sistem operasi Windows 8
Rating 4
Link download Archicad

2. AutoCAD Architecture

cara desain 3d interior

AutoCAD Architecture merupakan aplikasi kedua yang kami rekomendasikan untuk kalian setelah aplikasi ArchiCAD.

Aplikasi ini bisa dibilang lebih mudah untuk digunakan dari pada ArchiCAD karena modelnya yang lebih simple dan juga lebih menarik secara visual.

Selain itu, AutoCAD Architecture juga merupakan aplikasi pilihan baik bagi pengajar maupun mahasiswa yang masuk ke dalam dunia arsitektur. Maka dari itu, aplikasi ini sangatlah friendly bagi para pemula yang ingin mendesain rumah mereka sendiri.

Aplikasi AutoCAD ini juga dilengkapi dengan beberapa panduan yang bisa kalian gunakan sebagai rujukan mengenai fitur-fitur yang ditawarkan oleh AutoCAD.

Hal yang menarik dari aplikasi ini adalah fitur real time comparison-nya antara penampilan desain 2D dengan penampilan desain 3D interior-nya.

Dengan begini, kalian tidak perlu mengubah tampilan setiap kali melakukan modifikasi untuk mengetahui bagaimana tampilan desain kalian sebenarnya.

Developer Autodesk
Size 4 GB
Sistem operasi Windows 10 64 bit
Rating 4.4
Link download Auto Cad Architecture

Artikel Menarik Lainnya : Aplikasi Desain Cover Buku

3. Autodesk Revit

desain rumah di macbook

Aplikasi selanjutnya yang akan kita bahas di sini adalah Autodesk Revit. Autodesk Revit bisa dibilang sebagai aplikasi penghubung antara pengguna amatir dengan pengguna profesional.

Autodesk Revit, memiliki kesulitan yang lebih tinggi dari pada dua aplikasi sebelumnya, tetapi tidak terlalu sulit hingga tidak bisa digunakan oleh para pemula.

Aplikasi ini memberikan kenyamanan yang lebih bagi mereka yang menyukai desain rumah 2D. Hal ini disebabkan oleh perhatian lebih yang diberikan oleh aplikasi ini terhadap desain bagunan 2D.

Namun begitu, aplikasi ini tidak meninggalkan fitur penampilan 3D interior yang juga bisa kita lihat secara langsung pada layar monitor kita.

Fitur yang menarik pada aplikasi ini adalah dukungannya terhadap desain-desain modern yang diberikan sebagai template dalam aplikasinya. Fitur ini bisa dibilang cukup membantu mereka yang ingin mendesain gedung berpenampilan futuristik tanpa melakukannya secara manual.

Developer Autodesk
Size 16 GB
Sistem operasi Windows 10 64 bit
Rating 4.5
Link download Auto Desk Revit

4. Softplan

aplikasi desain rumah full version

Softplan merupakan aplikasi desain rumah selanjutnya yang akan kita bahas pada bagian ini. Aplikasi yang satu ini merupakan salah satu aplikasi yang sangatlah mudah untuk digunakan.

Dalam penggunaannya, aplikasi ini memberikan berbagai macam kemudah untuk penggunanya dalam mendesain sebuah bangunan.

Mulai dari penghitungan secara otomatis, tampilan langsung 3D interior pada sisi kanan desain, hingga fitur penampilan decor telah disajikan oleh aplikasi ini.

Selain itu, bagi para pengguna produk Apple seperti iPhone dan Macbook, aplikasi ini dapat di sinkronisasi antara satu dengan lainnya, sehingga kalian dapat melihat hasil desain kalian secara langsung pada iPhone kalian.

Softplan juga tidak hanya menyediakan layanan aplikasi desain rumahnya saja, melainkan juga beberapa tutorial dan pelatihan yang bisa kalian unduh bersama untuk mengetahui seberapa hebat aplikasi ini bisa digunakan.

Developer SoftPlan System Inc
Size 152 MB
Sistem operasi Windows 10 64 bit
Rating 3.5
Link download Softplan

Kamu Wajib Tahu : Emulator Android Paling Ringan

5. Vectorworks Architecture

aplikasi desain rumah 3d PC

Vectorworks Architecture merupakan aplikasi terakhir yang kami rekomendasikan pada kategori ini. Aplikasi ini bisa dibilang merupakan aplikasi bagi mereka yang sudah paham betul mengenai arsitektur bangunan.

Vectorworks Architecture menawarkan semua hal yang diperlukan oleh seorang desainer bangunan ketika ingin mendesain bangunan yang diinginkan.

Selain itu, Vectorworks Architecture juga memberikan ruang desain yang sangat luas, sehingga para desainer dapat mendesai beberapa bagunan sekaligus dalam satu desain.

Fitur-fitur inilah yang, walaupun lebih banyak dari pada aplikasi lain dalam kategori ini, membuat aplikasi ini susah untuk digunakan oleh para pemula.

Walaupun begitu, tidak ada salahnya jika memang ingin mencoba menggunakan aplikasi ini untuk mendesain rumah kita. Kita hanya perlu ingat bahwa kemungkinan kita akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan desain kita.

Developer Vectorworks Inc
Size 8 GB
Sistem operasi Windows 10 64 bit
Rating 4.42
Link download Vectorworks Architecture

Aplikasi Android untuk Design Rumah

Nah, setelah informasi tentang aplikasi desain rumah yang bisa kalian bisa gunakan di PC ataupun laptop kalian tadi, sekarang kami juga akan kasih tau kalian aplikasi yang bisa kalian gunakan di HP kalian.

Di sini, kita akan melihat aplikasi android yang bisa kita gunakan untuk mendesain rumah impian kita. Jadi, untuk pengguna iPhone, maaf dulu yah, hehehe…

Perlu diketahui, untuk aplikasi desain yang ada pada HP kit aini terbatas dalam kemampuannya, sehingga tidak bisa menampilkan desain sekompleks yang ditampilkan pada aplikasi yang bisa kalian install di PC maupun laptop.

Tapi jangan bersedih hati, aplikasi yang berada di kategori ini memiliki keahlian khusus dibandingkan pada kategori sebelumnya, yakni pada segi 3D interior dan decor.

Banyak aplikasi desain yang memberikan fitur preview decor rumah yang bagus dan keren pada aplikasi android. Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk mendecor rumah kalian.

1. Home Design 3D

aplikasi edit rumah di android

Home Design 3D adalah aplikasi desain pertama yang akan kita bahas disini. Aplikasi ini memberikan layanan penampilan dekorasi bagian interior rumah kita sesuai dengan keinginan.

Selain itu, walaupun terbatas dengan sistem yang sederhana, aplikasi ini dapat memberikan fitur membentuk ruangan sendiri, sehingga kita dapat memasukkan denah rumah kita ke dalam aplikasi ini.

Penampilan dari aplikasi ini pun menarik karena penampilannya yang mirip dengan game The Sims, dengan sistem kontrol yang bersahabat kepada penggunanya.

Aplikasi ini memiliki dua tampilan yang bisa kalian pilih, yaitu tampilan 2 dimensi dan juga tampilan 3 dimensi yang bisa kalian ubah sewaktu-waktu.

Developer Anuman
Size Bervariasi berdasarkan perangkat
Sistem operasi Android 4.1+
Rating 3.6
Link download Home Design 3D

2. Planner 5D

cara desain rumah di iphone

Planner 5D adalah aplikasi lain yang bisa kalian unduh ke dalam HP android kalian jika ingin mendesain rumah impian kalian.

Aplikasi ini memiliki kesamaan dengan aplikasi sebelumnya dalam segi penampilan dan kontrol, dimana ketika menggunakan aplikasi ini kita merasa seperti sedang bermain sebuah game.

Hal yang membedakan antara Planner 5D dengan aplikasi sebelumnya adalah detail dari aset decor yang tersedia dalam aplikasinya. Dimana, Planner 5D menggunakan aset yang lebih sederhana, sehingga tidak sedetil aplikasi sebelumnya.

Walaupun begitu, aplikasi ini masih tetap menjadi aplikasi yang cocok untuk kalian gunakan ketika ingin mendesain bagian interior rumah kalian.

Developer Planner 5D
Size 116 MB
Sistem operasi Android 4.1+
Rating 4.2
Link download Planner 5D

Baca Ini Juga : Aplikasi Edit Video Terbaik

3. Floor Plan Creator

aplikasi decor rumah di android

Hal yang berbeda diambil oleh pencipta Floor Plan Creator dibandingkan dengan aplikasi desain lainnya. Aplikasi yang satu ini lebih memfokuskan diri pada aspek 2D dalam mendesain sebuah bangunan.

Pada aplikasi ini, kalian akan disajikan dengan sebuah template kosong yang bisa kalian bentuk sesuai dengan keinginan kalian.

Setelah itu, kalian bisa memasukkan decor yang kalian inginkan dan kalian rasa sesuai dengan perasaan kalian. Aplikasi ini kemudian akan menampilkannya dengan posisi penglihatan dari atas bangunan rumah kalian.

Aplikasi ini bisa dibilang sangatlah mudah untuk digunakan dan juga dipahami oleh pengguna amatir ataupun yang hanya membutuhkannya saat ini saja.

Walaupun begitu, jangan meremehkan aplikasi ini, terdapat berbagai macam desain interior dan decor yang bisa kalian pilih sebagai tampilan referensi nantinya.

Developer Marcin Lewandowaki
Size 5.4 MB
Sistem operasi Android 4.1+
Rating 4.2
Link download Floor Plan Creator

4. Room Planner – IKEA

aplikasi desain rumah gratis

Untuk aplikasi yang satu ini bisa dibilang cukup spesifik dalam penggunaannya. Room Planner – IKEA adalah aplikasi yang bisa kalian download jika kalian berencana untuk menggunakan perabotan milik IKEA.

Karena fungsinya yang spesifik, decor dan juga peralatan yang bisa kalian temui dalam aplikasi ini hanyalah decor dan perabotan yang ditawarkan oleh IKEA sendiri.

Walaupun begitu, terdapat berbagai macam perabotan yang bisa kalian pilih dengan tema yang minimalis yang bisa kalian pilih dari sini.

Aplikasi ini juga mendukung tampilan 3D, sehingga kalian bisa secara langsung melihat hasil desain kalian dengan sistem 3D interior.

Developer Planner 5D
Size 48.5 MB
Sistem operasi Android 9.0
Rating 3.9
Link download Room Planner IKEA

5. Room Creator Interior Design

aplikasi desain rumah online

Room Creator Interior Design adalah aplikasi desain rumah terakhir yang akan kita bahas pada kategori ini.

Aplikasi yang satu ini merupakan salah satu aplikasi desain yang sebelumnya bisa digunakan pada HP kita. Hal ini berdampak pada penampilan dan kelancaran aplikasi ini secara keseluruhan.

Penampilan yang bisa dibilang jadul dengan kontrol yang sedikit kaku membuat aplikasi sedikit kesusahan ketika kita ingin meletakkan decor yang kita inginkan.

Walaupun begitu, kalau kalian tidak keberatan dengan itu semua, aplikasi ini cukup bagus untuk kalian gunakan dalam mendesain interior rumah kalian.

Developer Brain Vault
Size 72 MB
Sistem operasi Android 2.3+
Rating 3.9
Link download Room Creator Interior Design

Aplikasi Design Rumah Secara Online

Setelah kalian mengetahui aplikasi-aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk mendesain rumah kalian, baik desain fisik maupun desain interior, kami akan berikan sedikit bonus untuk kalian. Yaitu dengan memberikan aplikasi desain rumah yang bisa kalian gunakan dengan gratis.

Beda dengan aplikasi pada kategori-kategori sebelumnya, dimana kalian akan dikenai biaya untuk menggunakannya, aplikasi yang akan kami berikan di kategori ini dapat kalian gunakan secara gratis.

Aplikasi-aplikasi ini adalah aplikasi online yang bisa kalian akses melalui internet dengan mencarinya menggunakan Google atau mesin pencari lainnya.

Di sini, kami akan memberikan 5 aplikasi online yang bisa kalian gunakan secara gratis untuk mendesain rumah kalian.

1. Autodesk Homestyler

aplikasi desain rumah online autodesk

Autodesk Homestyler adalah aplikasi pertama pada kategori ini yang bisa kalian gunakan untuk mendesain rumah kalian.

Aplikasi ini memberikan fungsi yang sama seperti aplikasi desain yang bisa kalian install pada PC maupun laptop kalian dengan sedikit pengurangan dalam fitur yang diberikan.

Walaupun begitu, aplikasi ini bisa dibilang memberikan banyak sekali fitur yang bisa kita gunakan. Tampilan yang diberikan pun juga tidak terlalu buruk dibandingkan dengan aplikasi gratis lainnya.

Ini membuat aplikasi Autodesk Homestyler menjadi pilihan pertama kami dalam aplikasi untuk mendesain rumah kalian.

Link Website Autodesk Homestyler

2. Design A Room

aplikasi desain rumah di PC Online

Design A Room adalah aplikasi selanjutnya yang kami rekomendasikan untuk mendesain rumah kalian. Aplikasi ini memiliki fitur yang tidak kalah dengan aplikasi yang berbayar yang bisa kalian install di PC maupun laptop kalian.

Aplikasi ini memberikan layanan tampilan 2D maupun 3D interior yang sangat bagus dan mudah untuk digunakan.

Sayangnya, aplikasi ini memiliki keterbatasan dimana kalian hanya bisa mendesain satu ruangan saja, sehingga kalian harus mengulangi dari awal jika ingin mendesain ruangan lainnya.

Terlepas dari itu, aplikasi ini menawarkan berbagai macam decor yang bisa kalian pilih sebagai referensi ketika sedang mendesain rumah.

Link Website Design a Room

3. SmartDraw

cara mudah desain rumah secara online

SmartDraw adalah aplikasi online gratis lainnya yang bisa kalian gunakan untuk mendesain rumah kalian.

Aplikasi yang satu ini sangatlah mudah untuk digunakan, dimana kalian tingga membentuk ruang dan meletakkan decor yang kalian inginkan.

Kemudahan dari aplikasi ini sayangnya membatasi hasil visual yang bisa diberikan oleh aplikasi ini. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa menampilkan tampilan 2D saja.

Walaupun begitu, untuk desain yang membutuhkan waktu yang cepat, aplikasi ini sangatlah cocok untuk digunakan.

Link Website Smartdraw

4. HomeByMe

Aplikasi desain rumah simple homebyme

HomeByMe adalah aplikasi online lainnya yang bisa kalian gunakan secara gratis. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang lebih condong terhadap decor dengan tampilan 3D.

Pada aplikasi ini, kalian dapat mendesain ruangan yang kalian buat dengan perabotan sesuai dengan keinginan kalian.

Pilihan perabotannya pun beragam dari yang bertemakan minimalis hingga yang bertemakan futuristik.

Karena tampilan aplikasinya yang berbentuk 3D, kalian dapat mengamati secara langsung perabotan-perabotan yang kalian tempatkan dalam ruangan tersebut. Kalian pun dapat melihatnya dengan view yang sama seperti kalian berada pada ruangan tersebut.

Link Website Home by Me

5. Sweet Home 3D

cara dessain rumah di macbook

Sweet Home 3D adalah salah satu aplikasi gratis dengan fitur terlengkap yang kalian bisa temui di dunia online.

Aplikasi ini memiliki fitur yang mirip dengan aplikasi berbayar yang bisa kalian install di PC maupun laptop, dengan fitur seperti tampilan 3D interior secara langsung dan template yang tersedia di dalamnya.

Aplikasi yang satu ini juga memberikan berbagai macam perabotan yang bisa kalian pilih untuk diletakkan pada ruangan kalian.

Link Website Sweet Home 3D

Akhir Kata

Rumah idaman adalah impian semua orang. Dimana kita bisa tinggal dengan nyaman di dalamnya. Dengan menggunakan aplikasi desain rumah yang kami berikan ini, kami harap kalian bisa menciptakan rumah idaman kalian.

Terdapat berbagai macam pilihan aplikasi yang bisa kalian gunakan sesuai kebutuhan dan keinginan masing-masing, baik yang gratis maupun yang berbayar.

Sampai disini dulu ya pembahasan kita mengenai aplikasi desain rumah yang bisa kalian gunakan. Sekian dan selamat menciptakan rumah idaman ya guys.

Leave a Comment