3 Cara Membuka Situs Yang Diblokir Pemerintah (Pasti Ampuh)

Mengakses website pada zaman serba digital seperti sekarang ini adalah kebutuhan wajib buat kita semua. Namun, terkadang website yang ingin kita kunjungi entah kenapa tidak bisa dibuka. Di sini, kami akan kasih tahu kalian 3 jenis cara membuka situs yang diblokir versi mudah.

Sebelumnya, kenapa sih website yang kita ingin kunjungi di blokir? Untuk pertanyaan ini, ada beberapa jawaban yang memungkinkan. Contoh yang sering terjadi pada kita adalah kita mengaksesnya melalui internet sekolah ataupun memang ditutup oleh pemerintah.

Nah, dengan cara membuka situs yang diblokir yang akan kami berikan ini, kami berharap kalian bisa membuka website yang kalian inginkan.

Ada 3 jenis cara membuka situs yang diblokir yang bisa kalian gunakan. Jenis pertama adalah membuka situs yang di blokir dari HP. Kedua, membuka situs yang diblokir dari PC atau laptop. Dan yang ketiga, membuka situs yang diblokir menggunakan aplikasi.

Cara Membuka Situs Di HP Yang Diblokir Tanpa Aplikasi

Untuk jenis pertama yang akan kita bahas, kita akan membahas cara membuka situs yang diblokir melalui HP kita tanpa menggunakan aplikasi.

membuka website yang di blokir tanpa aplikasi

Dengan cara ini, kalian tidak perlu men-download yang namanya aplikasi VPN atau semacamnya kedalam HP kalian. Kalian hanya butuh untuk mengganti beberapa setting di dalam HP kalian dan kalian akan sudah bisa membuka website yang kalian inginkan.

Di sini, kami memberikan 3 cara yang bisa kalian coba. Cara-cara ini adalah dengan mengubah permohonan website, mengubah DNS kalian secara manual, dan gunakan layanan proxysite atau website unblocker.

Artikel Menarik : Cara Download Lagu

Ubah Permohonan Website di Hp

Ada kemungkinan kalian tidak dapat mengakses website yang kalian inginkan adalah dikarenakan aplikasi browser kalian seperti Google Chrome ataupun Opera memang tidak diizinkan untuk mengakses website tersebut.

Jika memang karena ini alasannya, maka kalian bisa melakukan beberapa langkah seperti berikut yang bisa kalian lakukan di Google Chrome HP kalian.

  1. Buka aplikasi Google Chrome.
  2. Pilih titik tiga yang ada pada pojok kanan atas, kemudian pilih Settings.langkah pertamalangkah kedua
  3. Scroll sedikit kebawah pada bagian Advance, lalu kalian pilih Site Settingstahapan membuka situs yang di blokircara membuka situs yang di blokir lewat laptop

Nah pada Site Settings ini, kalian bisa bereksperimen dengan pengaturan yang ada. Mungkin saja terdapat setting yang diperlukan website yang ingin kalian akses tetapi tidak kalian ijinkan di browser kalian, di sinilah kalian bisa merubah itu semua.

Kamu Wajib Baca : Cara Kompres Video

Ubah DNS Secara Manual pada Android

Nah, kalau cara yang diatas sudah dicoba tetapi masih tetap tidak bisa, maka bisa jadi alasan kenapa website itu tidak bisa kalian akses adalah karena salah jaringan internet kalian.

Pada setiap jaringan internet, ada yang namanya DNS atau Domain Name System. Mudahnya, DNS ini bekerja seperti alamat rumah bagi jaringan internet kalian.

Biasanya, DNS yang kalian gunakan telah diberikan secara langsung oleh penyedia jaringan internet kalian ketika kalian membeli kartu perdana ataupun layanan Wi-Fi. Penyedia jaringan internet inilah yang kemudian menilai, website mana yang bisa di akses dan mana yang tidak.

Tapi jangan khawatir, kalian bisa secara manual merubah alamat DNS kalian menggunakan DNS universal yang disediakan oleh beberapa provider seperti Google.

Perlu diketahui, cara yang kami berikan ini lebih mudah jika menggunakan jaringan Wi-Fi dari pada data kartu perdana. Berikut adalah cara mengubah DNS kalian.

  1. Buka Setting pada HP kalian, lalu pilih menu Wi-Fimerubah DNS pada hp android
  2. Di sini, pilih jaringan Wi-Fi yang terhubung dengan HP kalian lalu pilih Modify Networkmerubah settingan network di mobile
  3. Setelah itu, kalian akan ditampilkan pengaturan internet kalian. Pilih IP Settings, lalu pilih Static.merubah DNS menjadi static
  4. Kalian akan ditampilkan DNS lama kalian yang diberikan oleh penyedia jaringan internet kalian. Nah, barulah kalian memasukkan DNS baru sesuai keinginan kalian. Sebagai saran, masukan DNS yang diberikan oleh Google, yakni 8.8.8.8 untuk DNS1 dan 8.8.4.4 untuk DNS2.Settingan DNS supaya mudah membuka web yang di blokir

Dan selesai, sekarang kalian bisa coba untuk membuka website yang kalian inginkan. Jika sudah bisa terakses maka selamat.

Namun, jika masih tetap tidak bisa, jangan khawatir, ada satu cara lain yang bisa kalian gunakan untuk mengakses website yang terblokir itu.

Gunakan Layanan Proxysite Atau Website Unblocker

Cara ketiga yang bisa kalian gunakan untuk membuka website yang diblokir adalah dengan menggunakan layanan proxysite atau website unblocker.

Layanan proxysite ini merupakan layanan yang mirip dengan penyedia layanan VPN. Penjelasan yang mudah untuk orang awam adalah proxysite ini bekerja sebagai penjembatan antara internet di HP kita dengan server website yang ingin kita tuju.

Kebanyakan dari proxysite yang tersedia pun memberikan layanannya secara gratis dan mudah untuk diakses siapapun. Membuat cara yang satu ini banyak diminati oleh orang.

Untuk menggunakan proxysite sebagai alat pembuka blokir kita, kalian bisa gunakan langkah seperti berikut.

  1. Buka layanan proxysite yang kalian inginkan, disini kami menggunakan layanan Croxy Proxymembuka situs dengan proxysite
  2. Masukkan website yang ingin kalian akses, seperti www.reddit.com, lalu pilih Go atau tekan Enter.situs berhasil dibuka dengan proxysite

Cara yang satu ini bisa dijamin menyelesaikan semua masalah mengenai website yang diblokir dan kalian tidak bisa akses sebelumnya. Tapi perlu diingat, tidak semuanya yang indah itu seperti apa adanya. Kita perlu berhati-hati ketika menggunakan layanan ini karena statusnya yang gratis.

Penting Untuk Kamu Tau : Cara Isi Gopay

Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi di Laptop/PC

Nah, setelah kita tahu bagaimana cara membuka situs yang diblokir di HP kita, sekarang kita akan berpindah ke PC atau laptop kita.

Untuk PC atau laptop, selain karena akses browser dan juga pemerintah, alasan mengapa kita tidak bisa membuka website yang kita inginkan juga bisa dikarenakan tempat kita mencoba mengaksesnya.

Tempat-tempat seperti kantor, bank, dsb. terkadang membatasi apa yang bisa kita buka dengan jaringan internet mereka.

Tentu saja, jika memang diperlukan, kita bisa mengontak bagian admin kantor ataupun divisi IT untuk membukanya, namun pada umumnya hal ini tidak mungkin untuk dirubah.

Maka dari itulah kami memberikan cara membuka situs yang diblokir ini. Untuk PC ataupun laptop, kami memberikan 3 cara yang kurang lebih sama dengan cara yang bisa kalian gunakan di HP kalian.

Cara-cara ini adalah dengan mengubah permohonan website, mengubah DNS secara manual, dan menggunakan layanan proxysite atau website unblocker.

Ubah Permohonan Website di Laptop

Sama halnya dengan yang bisa kalian lakukan di HP kalian, kalian bisa melakukan cek terlebih dahulu terhadap permohonan website yang ada pada browser kalian.

Untuk melakukannya pada PC ataupun laptop kalian sangatlah mudah:

  1. buka Setting pada browser internet kalian, di sini kami menggunakan Google Chrome.Merubah Settingan chrome supaya bisa buka situs
  2. Pada bagian Privacy and Security, pilih Site Settingssetting supaya website yang di blokir bisa di buka

Setelah terbuka, kalian bisa melakukan sedikit eksperimen dengan pengaturan yang ada didalamnya dan coba untuk membuka website yang kalian inginkan.

Jika bisa terbuka, maka selamat, kalian sudah bisa menikmati website kalian. Namun jika belum, jangan berkecil hati, ada acara lain yang bisa kalian gunakan untuk membuka website yang diblokir tersebut.

Ubah Settingan DNS Secara Manual Pada PC

Cara yang kedua yang bisa kalian coba adalah untuk mengubah DNS jaringan internet kalian secara manual.

Kalau kalian sudah membaca sejak awal, maka kalian tau lah apa itu DNS, jadi kami enggak akan menjelaskan panjang lebar mengenai apa itu DNS.

Pada PC maupun laptop, ada dua cara untuk mengubah DNS kalian, yaitu melalui router kalian atau melalui PC atau laptop kalian. Di sini, kami akan memberitahukan cara mengubah DNS pada PC atau laptop kalian.

Selain mudah, cara ini tidak akan mengganggu performa Wi-Fi kalian jika kemudian kalian ingin mengubah DNS kalian kembali seperti semula.

Untuk mengubah DNS pada PC atau laptop kalian, kalian bisa mencoba langkah seperti berikut.

  1. Buka Control Panel dan pilih Network and Internetnetwork & Internet setting pada PC
  2. Kemudian, pilih Network and Sharing Center dan pilih Change Adapter Settings pada pojok kiri atas.
    tahapan merubah DNS pada PC
  3. Kemudian akan tampil layar seperti dibawah ini. Layar ini memberitahukan jaringan internet yang tersambung dengan PC ataupun laptop kita.cara membuka situs yang di blokir tanpa aplikasi

Jika kalian menggunakan Wi-Fi, klik kanan lalu pilih Properties. Hal yang sama bisa kalian lakukan jika kalian menggunakan Ethernet pada jaringan internet kalian.

  1. Disini kalian akan ditampilkan dengan yang namanya Wi-Fi Properties. Pilih menu Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan pilih Properties.membuka situs yang di blokir di PC
  2. Barulah kalian bisa merubah DNS kalian. Sekali lagi, kami merekomendasikan DNS yang diberikan oleh Google, yakni 8.8.8.8 untuk DNS1 dan 8.8.4.4 untuk DNS2 demi keamanan kalian.

Dan selamat, kalian sudah merubah DNS PC ataupun laptop kalian. Sekarang, kalian tinggal coba apakah sudah bisa membuka website yang kalian ingin buka atau tidak.

Kalau masih belum bisa masih ada cara terakhir yang bisa kalian lakukan untuk membuka website yang diblokir, jadi tenang saja.

Baca Juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet

Gunakan Layanan Proxysite Atau Website Unblocker

Nah, inilah cara terakhir yang bisa kalian coba untuk membuka website yang diblokir. Tidak panjang lebar, kami akan langsung berikan caranya.

  1. Pilihlah layanan proxysiste ataupun website unblocker yang kalian inginkan. Kami disini menggunakan Croxy Proxy.membuka situs dengan croxy proxy
  2. Ketikkan website yang kalian ingin buka, disini kami akan menggunakan Reddit sebagai contoh, dan klik Go atau Enter.website yang diblokir pemerintah berhasil dibuka

Dan selesai. Sekarang kalian bisa menjelajahi dunia reddit sesuka kalian. Sekali lagi perlu diingat, cara yang satu ini sedikit beresiko, jadi hati-hati dengan untuk apa kalian menggunakan cara yang satu ini.

Kelebihan & Kekurangan Membuka Situs Diblokir di Browser Tanpa Aplikasi

Setiap hal yang kita lakukan pastilah memiliki kelebihan dan juga memiliki kekurangan. Sama halnya dengan cara membuka situs yang diblokir yang kami berikan ini. Ada kelebihan dan kekurangan didalamnya.

Kelebihan dan kekurangan ini semakin tampak ketika kita melakukannya dengan tanpa menggunakan aplikasi ataupun secara manual.

Nah disini, kami akan memberikan sedikit informasi mengenai apa kelebihan dan kekurangan yang akan kalian hadapi ketika menggunakan 2 langkah cara membuka situs yang diblokir sebelumnya.

Kelebihan

Pertama, kita akan membahas kelebihannya terlebih dahulu. Ada dua kelebihan mengenai langkah-langkah diatas, yakni langkah-langkah itu bisa dilakukan dengan secara gratis dan mudah.

Gratis

Kelebihan pertama adalah langkah di atas tidak perlu mengeluarkan biaya (kecuali biaya paket internet tentunya), satu peser pun.

Siapa sih yang tidak suka hal yang gratis, kita semua suka hal yang gratis. Maka dari itu, langkah-langkah di atas sangatlah diminati dan diketahui oleh banyak orang.

Mudah

Selain langkah di atas bisa kita lakukan secara gratisan, langkah di atas juga terbilang mudah untuk dilakukan.

Dengan sedikit Latihan dan beberapa kali pengulangan, kami jamin kalian akan dengan mudahnya menghafal langkah-langkah yang kalian perlukan untuk membuka website yang diblokir.

Kekurangan

Namun, tiap kelebihan, pasti ada kekurangan. Ada dua kekurangan yang paling menonjol dengan langkah-langkah diatas, yakni keamanan dan reliabilitas/keandalan yang tidak terjamin.

Keamanan

Keamanan adalah hal yang penting pada semua aspek kehidupan kita, apalagi sewaktu kita menjelajahi internet.

Dengan keamanan yang buruk, ada kemungkinan bahwa Id dan password kita dapat dicuri dan digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Hal ini semakin mencolok dengan layanan yang menjanjikan layanan secara gratis seperti proxysite.

Reliabilitas/Keandalan

Untuk yang satu ini, tidak semua langkah yang kita lakukan bisa menangani masalah website terblokir yang ingin kita tuju.

Hal ini disebabkan karena kebanyakan blokir yang terjadi adalah berasal langsung dari penyedia internet kita, sedangkan langkah yang bisa kita lakukan hanyalah langkah untuk membuka blokir secara lokal, atau yang berasal dari HP, PC, ataupun laptop kita sendiri.

Maka dari itu, reliabilitas atau keandalan dari langkah-langkah diatas terkadang tidak terlalu baik.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Dengan Aplikasi

Nah, setelah kita membahas mengenai cara membuka situs yang diblokir tanpa menggunakan aplikasi, sekarang, kita akan membahas cara membuka situs yang diblokir dengan menggunakan sebuah aplikasi.

Cara yang satu ini lebih mudah daripada cara sebelumnya karena yang perlu kalian lakukan adalah untuk memencet satu tombol saja dan kalian sudah bisa menjelajahi website yang sebelumnya diblokir.

Namun begitu, ada beberapa pertimbangan yang harus kalian lakukan, seperti apakah aplikasi itu terjamin keamanannya, ataupun apakah aplikasi itu sesuai dengan jaringan yang kalian gunakan.

Di sini, kami akan berikan sedikit panduan mengenai cara yang satu ini dengan aplikasi yang bernama 1.1.1.1.

Menggunakan Aplikasi 1.1.1.1

1.1.1.1 adalah aplikasi yang kalian bisa gunakan untuk membuka website yang sebelumnya diblokir. Aplikasi ini terjamin keamanannya karena merupakan ciptaan dari Cloudflare, perusahaan keamanan internet yang terpercaya.

Cara kerja aplikasi ini adalah dengan merubah DNS kita menjadi DNS yang diberikan oleh aplikasi ini, yakni 1.1.1.1. Selain bisa membuka website yang diblokir, aplikasi ini juga tidak mengganggu kinerja internet kita seperti jika kita menggunakan aplikasi DNS atau VPN lainnya.

Untuk menggunakannya sangatlah mudah. Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah dengan men-download aplikasinya di Android Play Store maupun di Apple App Store.

Setelah itu, kalian bisa langsung pilih slider putih untuk mengaktifkan DNS-nya dan HP kalian sudah bisa kalian gunakan untuk membuka website yang sebelumnya diblokir.

Aplikasi 1.1.1.1 ini sendiri mempunyai beberapa fitur, yakni 2 mode jaringan yang bisa digunakan DNS biasa dan juga DNS + Warp.

Bagi kalian yang suka gratisan, kalian bisa menggunakan fitur DNS biasa tanpa batas kuota, jadi kalian tidak perlu membayar untuk mendapatkan layanan yang satu ini.

Rekomendasi Aplikasi Pembuka Blokir Terbaik

Nah, karena kita sudah membahas mengenai cara membuka situs yang diblokir menggunakan aplikasi, enggk afdol rasanya kalau kita tidak membahas mengenai aplikasi apa saja yang bisa kalian gunakan untuk membuka situs yang diblokir.

Di sini, kami membaginya menjadi dua kategori. Kategori pertama adalah aplikasi gratisan yang bisa kalian gunakan di HP kalian, dan kategori yang kedua adalah aplikasi berbayar yang bisa kalian gunakan di HP maupun di PC atau laptop kalian.

Gratis

Untuk aplikasi pembuka situs website yang gratisan, kita akan membahas dua yang menurut kami merupakan aplikasi terbaik, yakni 1.1.1.1 dan juga Intra.

1.1.1.1

rekomendasi aplikasi untuk buka situs yang di blokir

Kalau kalian sudah membaca dari awal, maka kalian tahu aplikasi seperti apakah 1.1.1.1 ini. 1.1.1.1 adalah aplikasi yang bekerja dengan mengubah DNS kalian dari DNS asli yang diberikan oleh operator jaringan kalian.

Aplikasi ini bekerja sangat baik dengan sebagian besar website yang ada pada internet karena optimalisasinya dengan website yang menggunakan Cloudflare Security System, pencipta dari aplikasi ini sendiri.

Aplikasi ini memiliki dua pilihan setting, yakni DNS biasa dan DNS + Warp. DNS + Warp adalah fitur berbayar yang ditawarkan dengan kelebihan dapat membuka website lebih cepat.

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan kuota yang tak terbatas untuk mengakses website dengan kecepatan penuh, sehingga tidak perlu khawatir mengenai kehabisan kuota dan menjadi lemot ketika sedang membuka website yang diinginkan.

Intra

cara membuka website yang di blokir pemerintah

Intra adalah aplikasi gratis berikutnya yang bisa kalian gunakan untuk membuka website yang sebelumnya diblokir di HP kalian.

Aplikasi ini terbilang sangatlah simple dan mudah untuk digunakan, karena yang perlu kalian lakukan adalah dengan memencet slider pada pojok kanan atas dan kalian sudah bisa membuka website yang diblokir sebelumnya.

Sama seperti 1.1.1.1, Intra merupakan aplikasi perubah DNS dan bukanlah VPN. Perbedaan antara keduanya adalah VPN dapat merubah lokasi kita berdasarkan server yang dipilih, sedangkan DNS tidak bisa melakukan hal yang sama.

Intra memberikan tampilan jaringan yang kita gunakan dengan garis yang berada pada bagian bawah tampilan layar aplikasi ini. Jika dinyalakan, warna dari garis ini akan berubah menjadi biru dan mengalami pergerakan sesuai dengan data yang kita gunakan.

Berbayar

Aplikasi yang kita bahas selanjutnya ini adalah aplikasi berbayar yang bisa kalian gunakan untuk membuka website yang sebelumnya diblokir.

Aplikasi pada kategori ini condong bisa digunakan baik di HP, PC, ataupun laptop kalian. Hal yang kalian perlu lakukan adalah dengan men-download aplikasinya sesuai platform yang kalian inginkan dan daftarkan diri kalian.

Selain itu, aplikasi pada kategori ini condong merupakan aplikasi VPN dimana kalian bisa mendapatkan fitur-fitur yang lebih banyak dibandingkan aplikasi DNS.

Di sini, kami akan membahas 2 aplikasi berbayar yang bisa kalian gunakan untuk membuka website yang terblokir, yakni ExpressVPN dan NordVPN.

ExpressVPN

buka website di android

ExpressVPN adalah aplikasi pertama yang akan kita bahas disini. Seperti namanya, aplikasi ini merupakan aplikasi VPN dan bukanlah aplikasi DNS.

ExpressVPN memberikan layanan perubahan DNS agar kalian bisa membuka website yang sebelumnya terblokir. Selain itu, ExpressVPN juga memberikan layanan untuk berpindah lokasi dari lokasi asli kalian.

ExpressVPN juga bisa dipasang sebagai plug-in pada browser kalian seperti Google Chrome ataupun Opera, sehingga kalian tidak perlu men-download aplikasi ini jika hanya memerlukannya untuk browsing internet saja.

NordVPN

Langkah membuka website yang di blokir admin

NordVPN adalah aplikasi selanjutnya yang bisa kalian gunakan untuk membuka website yang sebelumnya terblokir.

Sama seperti ExpressVPN, aplikasi ini menawarkan fitur berpindah lokasi dari lokasi kalian yang sebenarnya. Selain itu, aplikasi ini menawarkan pilihan server yang lebih banyak dari aplikasi-aplikasi lainnya.

Akhir Kata

Website yang ingin kita tuju terkadang bisa jadi terblokir, baik karena browser kita ataupun karena ulah pemerintah. Karena itu, mengetahui cara membuka situs yang diblokir menjadi hal yang penting bagi kita.

Dengan mengetahui berbagai cara yang ada, kalian akan bisa dengan mudahnya mengakses website yang sebelumnya kalian tidak bisa akses.

Dan begitulah cara membuka situs yang diblokir yang bisa kami berikan kepada kalian. Sampai jumpa dan selamat menjelajahi internet.

Leave a Comment