3 Cara Mempercepat Koneksi Internet Paling Efektif

Saking pentingnya internet, lemot sedikit saja pasti langsung bikin sebel. Apalagi saat sedang video call, streaming video, dan kegiatan lain yang berkaitan dengan pekerjaan atau hanya sekedar hiburan. Terus, bagaimana cara mempercepat koneksi internet yang lemot biar tidak mengganggu aktivitas?

Sebenarnya cara untuk mengatasi masalah lemotnya internet sangat sederhana. Permasalahan yang sering terjadi bisa berasal dari gadget yang digunakan, router wifi, atau juga dari penyedia layanan internet (ISP).

Penyebab Internet Lemot

Kondisi internet yang kurang stabil tidak hanya bisa disimpulkan dengan mengatakan bahwa provider sedang bermasalah. Ada beberapa faktor yang menyebabkan akses internet tidak bisa terkoneksi dengan baik karena dari gadget sendiri, router, dan juga ISP atau providernya.

sebab internet kita lambat

Berikut penyebab internet kamu bisa lemot:

  • Permasalahan Kinerja Gadget

Permasalahan ini bisa disebabkan karena memori gadget yang sudah mulai penuh. Gadget saat digunakan akan terus menyimpan berbagai macam data dalam bentuk file-file dalam bentuk cache, cookies, history, atau bentuk file lainnya. Lama kelamaan file tersebut akan menumpuk dan memenuhi memori.

File yang menumpuk tersebut akan mengganggu kinerja gadget, seperti smartphone, PC, atau laptop. Ketika kinerja tersebut menurun juga akan mengganggu penggunaan aplikasi yang digunakan. Sehingga seolah-olah akses internet terasa lemot.

  • Router yang Bermasalah

Router yang digunakan untuk menyebarkan sinyal wireless menjadi sumber internet di rumah. Kondisi router yang digunakan terus menerus juga bisa berkurang kinerjanya. Seperti saat kondisinya terlalu panas, membuat beberapa fungsi tidak bekerja dengan baik.

Internet juga bisa terasa lemot karena pengguna yang terlalu banyak. Hal itu membuat jumlah bandwidth yang ditransfer ke user tidak mampu memenuhi kebutuhan.

Lemotnya internet juga karena persoalan sinyal yang lemah. Hal ini dipengaruhi karena jarak, dan hambatan antara gadget dengan router. Karena semakin kecil sinyal yang didapatkan, maka jumlah transfer data juga semakin sedikit.

  • Gangguan pada Provider

Permasalahan selanjutnya lemotnya internet karena memang terjadi akibat gangguan pada server provider. Permasalahan ini tentunya bukan dalam ranah yang bisa kamu selesaikan sendiri. Hanya saja, ketika hal ini terjadi kamu harus segera menghubungi ISP yang bersangkutan.

Nah, simak beberapa cara berikut agar aktivitas kamu dalam ber-internet tetap lancar!

Artikel Menarik : Cara Download Lagu

Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Laptop dan PC

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu gunakan agar laptop dan PC semakin cepat:

  1. Bersihkan Browser atau Gadget Kamu

Permasalahan lemotnya internet bisa terjadi pada gadget kamu sendiri. Ketika gadget menyimpan banyak cookies, cache, atau history akan membuat kinerja gadget menurun.

Untuk mengatasinya sangatlah mudah. Pertama yaitu dengan membersihkan browser yang kamu gunakan untuk akses internet.

Untuk Google Chrome kamu bisa membukanya, kemudian klik simbol tiga titik di bagian kanan browser.

cara mempercepat koneksi internet di PC

Setelah itu pilihlah history, kemudian clear browser data.

cara mempercepat koneksi internet di laptop

Disana ada pilihan apa saja yang ingin kamu bersihkan. Kemudian, terakhir klik clear data.

Dengan mengurangi data dalam browser yang kamu gunakan, maka kinerja peramban juga akan semakin cepat. Sehingga membuat aktivitas kamu dalam berselancar internet semakin cepat.

Kamu Wajib Baca : Cara Kompres Video

  1. Jangan Terlalu Banyak Membuka Tabs pada Browser

Semakin banyak tabs yang dibuka dalam browser, maka semakin banyak juga bandwidth yang kamu gunakan. Padahal bandwidth yang kamu dapatkan terbatas. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada cepat lambatnya akses internet.

Misalnya, ketika setiap user hanya memiliki jatah bandwidth sekitar 2 Mbps. Bandwidth ini bisa diartikan maksimal kemampuan download atau juga upload yang besarnya hanya 2 Mbps saja. Ketika kamu membuka banyak tabs atau aplikasi yang menggunakan data internet, semakin besar kebutuhan bandwidth tersebut.

Dengan mengurangi tabs dan aplikasi tersebut, maka kamu tetap bisa berinternet dengan normal. Jika kamu ingin membuka tabs lainnya, maka tabs yang tidak digunakan segera tutup agar tidak mengurangi jatah bandwidth yang kamu dapatkan.

Untuk menutup tabs, cukup dengan mengklik tanda silang pada tabs tersebut.

cara mempercepat koneksi windows

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Smartphone

Selanjutnya agar smartphone kamu bisa tetap lancar di setiap saat, bisa melakukan beberapa cara berikut:

  1. Jangan Terlalu Banyak Instal Aplikasi

Cara yang ketiga ini sebenarnya hampir sama dengan cara yang pertama. Banyaknya aplikasi yang diinstal dalam sebuah smartphone maupun laptop akan membuat kinerja gadget semakin kecil. Memori yang digunakan untuk memproses data semakin berat, sehingga kinerja gadget pun juga semakin lambat.

Karena itu, kamu harus benar-benar mempertimbangkan aplikasi yang kamu butuhkan. Pertimbangan kebutuhan ini sangat penting, sehingga membuat gadget juga akan semakin awet daya penggunaannya.

Untuk meng-uninstall sebuah aplikasi di smartphone pastinya sangat mudah. Namun berbeda untuk meng-uninstall di PC agak sedikit rumit.

Untuk Windows kamu bisa memilih control panel di menu Start. Kemudian pilih Uninstall a Programs – pilih salah satu aplikasi yang ingin kamu uninstall – klik uninstalll – ikuti instruksi sampai selesai.

cara mempercepat koneksi internet dengan uninstal program

meningkatkan koneksi internet pada PC

  1. Gunakan Aplikasi Blokir Iklan

Setiap kali kamu menjelajah situs akan banyak sekali iklan yang kamu temukan. Terkadang iklan yang muncul sangat mengganggu, karena letaknya yang menutupi konten website tersebut.

Selain itu, munculnya iklan tersebut juga akan mengurangi kecepatan akses kamu. Hal ini dikarenakan munculnya iklan ini juga membutuhkan bandwidth yang cukup besar. Apalagi jika iklan tersebut dalam bentuk video.

Salah satu cara untuk mengurangi beban browsing akibatnya munculnya iklan ini adalah dengan menggunakan pemblokir iklan. Sudah banyak aplikasi pihak ketiga yang menyediakan pemblokir iklan ini, baik yang berbayar maupun gratis.

Salah satu aplikasi blokir iklan yang secara gratis bisa digunakan adalah Google Chrome. Untuk menggunakannya ada beberapa cara yang harus kamu lakukan. Berikut caranya:

Buka Chrome – klik menu simbol tiga titik – pilih settingprivacy and securitysite setting.

meningkatkan koneksi internet pada laptop

Setelah itu, masuk ke menu Pop-ups and redirects – pilih blocked.

blokir iklan supaya koneksi internet lancar

Fitur dalam Google chrome ini akan memblokir iklan-iklan ketika kamu ingin mengakses sebuah situs. Dengan pemblokiran ini tentunya akan mengurangi beban transfer data, dan membuat koneksi internet lebih lancar.

Sedangkan untuk Android ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk pemblokiran situs ini. Beberapa diantaranya seperti, Adblock Plus, AdGuard, Block This, dan lain sebagainya. kebanyakan aplikasi ini berbayar, karena memang mereka mendapatkan penghasilan tanpa iklan.

Penting Untuk Kamu Tau : Cara Isi Gopay

Cara Mempercepat Koneksi Indihome

Bagi kamu yang langganan indihome, tidak perlu khawatir ketika internet sedang lemot. Lakukan cara ini!

  1. Perhatikan Kondisi Router WiFi

Penyebab koneksi internet yang lemot juga bisa terjadi akibat router wifi yang terlalu panas. Kondisi ini menyebabkan kinerja router akan menurun, bahkan bisa juga mengalami hang. Untuk mengatasinya, kamu bisa mematikannya dalam waktu sekitar 5 menit.

Alternatif lainnya kamu juga bisa memberikan kipas kecil yang akan mendinginkan router tersebut. Kondisi router yang normal biasanya berada di antara 400C sampai dengan 500C. Jika lebih dari itu, maka akan mempengaruhi kinerja router tersebut.

Selain itu, kamu juga harus mengecek indikator internet di router tersebut. Biasanya jika terjadi loss, maka warna indikatornya berubah merah. Jika hal itu terjadi, kamu bisa menghubungi ISP yang bersangkutan.

memeriksa kecepatan router

  1. Perhatikan Kuat Lemahnya Sinyal Router

Faktor kecepatan akses internet juga dipengaruhi oleh kuat atau lemahnya gadget dalam menangkap sinyal wireless. Kuat atau lemahnya sinyal tersebut bisa dipengaruhi oleh jarak dan juga hambatan yang ada. Semakin jauh jarak antara gadget dengan router maka sinyal yang ditangkap juga semakin kecil.

Begitu juga ketika ada hambatan antara gadget dan router. Hambatan tersebut bisa dalam bentuk dinding, pohon, dan lain sebagainya. Biasanya semakin tebal tembok, maka semakin kecil sinyal yang bisa ditangkap.

Setiap gadget sudah dilengkapi dengan indikator kuat/lemahnya sinyal. Semakin kecil sinyal yang ditangkap maka transfer data yang bisa dikirimkan juga kecil, begitu juga sebaliknya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melihat indikator wifi dalam gadget. Jika memang sinyal yang didapatkan kecil, maka kamu bisa mendekat ke arah router wifi.

cek sinyal indihome

Selain itu, kamu juga bisa mengecek koneksi internet berdasarkan dengan cmd ping. Fitur yang dimiliki di dalam komputer ini akan menunjukkan seberapa bagus transfer data antara dua alat yang terhubung. Semakin kecil nilai ping, maka semakin baik jaringan tersebut.

Caranya adalah sebagai berikut:

Ketik tombol Windows + R – ketik cmd.

cek kecepatan internet dengan CMD

Setelah itu, ketikkan ping kemudian alamat administrasi router kamu contohnya, ping 192.168.0.1 -t

meningkatkan koneksi internet dengan CMD

menaikkan kecepatan koneksi internet anda dengan cmd ping

Jika hasilnya timed out maka terjadi gangguan pada koneksi. Sedangkan jika hasilnya time = 1, 2, atau dengan digit yang kecil maka menunjukkan koneksi sangat bagus.

  1. Perhatikan Jumlah Pengguna WiFi

Jumlah pengguna koneksi wireless dalam satu router sangat berpengaruh pada kecepatan akses internet. Setiap pengguna router akan menyerap bandwidth sesuai dengan aktivitasnya. Sehingga semakin banyak pengguna maka, semakin besar bandwidth yang digunakan.

Biasanya ISP memberikan batasan bandwidth sesuai dengan paket yang dipilih oleh pelanggan. Mulai dari 10 Mbps hingga 100 Mbps. Semakin kecil batasan bandwidth yang kamu pilih, maka semakin terbatas jumlah pengguna internet, begitu juga dengan sebaliknya.

Selain faktor keterbatasan bandwidth, biasanya router juga memiliki batas maksimal pengguna. Normalnya, setiap router hanya mampu menampung hingga 16 user, lebih dari itu router bisa bermasalah hingga tidak bisa bekerja dengan normal.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa melakukan beberapa cara. Yaitu pertama dengan meningkatkan paket, sehingga kamu tidak perlu akan kehabisan bandwith.

Untuk cara yang pertama ini, tentunya kamu bisa langsung menanyakannya ke pihak ISP. Pertimbangkan lebih dahulu sebelum memutuskan hal ini. Karena dengan menaikkan paket ke bandwidth yang lebih besar, kamu juga akan membayar biaya yang lebih mahal.

Kedua, kamu bisa membatasi jumlah user dengan mengubah kata sandi router. Sehingga user yang tidak tahu password yang baru akan otomatis terputus.

Bagi kamu yang belum bisa mengubah kata sandi, berikut caranya:

Masuklah ke browser – ketikkan alamat administrasi browser – pilih bagian wireless setting – ubah kata sandi – OK.

Setting Wifi indihome rumah

Cara ini dilakukan dengan menggunakan PC. Kamu juga juga bisa menggunakan cara yang sama dengan menggunakan di smartphone. Meski banyak jenis router yang memiliki settingan berbeda, namun caranya tidak jauh berbeda.

Ketiga, mengganti router baru yang mampu menampung lebih banyak lagi user. Kamu bisa menanyakan langsung kepada pihak toko berapa banyak user yang bisa masuk dalam router.

Sekarang ini bahkan banyak sekali produsen yang menawarkan routernya dengan kapasitas hingga 100 user. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan apakah digunakan untuk kafe, kantor, rumah makan, atau tempat lainnya.

Baca Juga : Cara Cek IP Address

  1. Tanyakan ISP Apakah Ada Gangguan Jaringan

Jika koneksi internet di rumah sama sekali tidak bisa digunakan hal itu bisa saja terjadi karena gangguan di server pusat. Gangguan bisa terjadi karena adanya perbaikan sistem, kabel fiber optic (FO) yang terputus, kerusakan pada modem atau router dan bentuk gangguan lainnya.

Adanya masalah seperti ini tentunya berada di luar kendali kamu. Karena hanya pihak ISP yang memiliki solusinya. Untuk masalah yang berkaitan dengan sistem biasanya hanya terjadi dalam beberapa menit saja.

Namun, jika terjadi kerusakan pada kabel FO, maka perlu adanya perbaikan yang bisa memakan waktu hingga berhari-hari. Semakin cepat kamu menghubungi pihak ISP, maka semakin cepat pula koneksi internet bisa kembali lancar.

Begitu juga ketika terjadi kerusakan pada router atau modem kamu yang berada di rumah. Pihak ISP akan memeriksanya terlebih dahulu untuk memastikan masalah yang terjadi. Jika memang terjadi kerusakan pada router, biasanya pihak ISP akan menggantinya dengan router yang baru.

Karena itu sangat penting menyimpan nomor customer service penyedia layanan internet yang kamu gunakan. Beberapa provider yang banyak digunakan seperti Indosat, Smartfren, Indihome, dan lain sebagainya.

Salah satu ISP yang umum digunakan adalah Indihome dari Telkom. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghubungi ISP ini, yaitu:

  • Melalui call center Telkom

Nomor call center Telkom ini adalah 147. Untuk menghubunginya ketikkan kode area terlebih dahulu, dilanjutkan dengan nomor 147. Contohnya untuk area Jakarta (021) 147, area Semarang (024) 147, area Surabaya (031) 147, dan lain sebagainya.

  • Melalui media sosial Twitter

Kamu juga bisa melaporkan adanya gangguan koneksi internet melalui aplikasi Twitter. Yaitu dengan mengirimkan direct message (DM) ke @TelkomCare. Pihak Telkom akan membalas dan menanyakan permasalahan kamu. Sebelumnya kamu akan dimintai nomor internet yang kamu miliki.

  • Melalui Aplikasi MyIndihome

Kamu bisa mendownloadnya melalui play store secara gratis. Instal aplikasi tersebut, register, dan kemudian ikuti menu disediakan di dalamnya.

Untuk melakukan pengaduan layanan, kamu bisa memilih menu Bantuan di bagian bawah aplikasi. Kemudian pilih pengaduan layanan, dan kamu bisa melaporkan permasalahan atas gangguan internet yang terjadi.

Komplain kecepatan internet anda lewat aplikasi

Sekarang kamu tak perlu sebel lagi dengan internet yang lemot. Dengan beberapa cara mempercepat koneksi internet ini, tentunya kamu bisa bebas melakukan segala aktivitas berinternet dengan smartphone, laptop, maupun PC dengan lebih cepat.

Leave a Comment