4 Cara Menghapus Akun Twitter Paling Lengkap di Semua Gadget

Twitter pernah menjadi media sosial nomor 1 sebelum Instagram atau Tiktok berjaya. Banyak akun yang tidak aktif, ada yang beralih ke media sosial lain, atau juga bahkan tidak aktif di media sosial manapun. Setiap orang punya alasannya sendiri hingga kemudian mencari cara menghapus akun Twitter secara permanen.

Tren ini bisa jadi diakibatkan banyak yang merasa terganggu dengan banyaknya informasi yang “panas” di Twitter. Apalagi ketika mengingat pada saat politik sedang bergejolak hingga banyak orang yang saling hujat di Twitter. Belum lagi banyak informasi hoaks yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Namun, tentunya banyak alasan pribadi yang masing-masing orang tentunya berbeda. Nah, dalam artikel ini akan diulas secara lengkap bagaimana menghapus akun Twitter di berbagai gadget. Termasuk juga bagi kamu yang ingin menghapus akun tapi lupa dengan sandi.

Cara Menghapus Akun Twitter Lewat Desktop

Twitter merupakan aplikasi yang diperuntukkan untuk mobile, hanya saja basis dasarnya adalah web. Karakteristik ini membuat para user juga bisa membukanya melalui desktop yang berupa PC atau laptop.

Tampilan desktop ini lebih lebar dengan menempatkan Beranda, menu, dan tren dalam satu antarmuka. Sehingga pengguna bisa lebih leluasa dalam menggunakan Twitter. Jika kamu ingat bagaimana Twitter masih sangat digandrungi, banyak orang lebih memilih tampilan desktop ini.

Jika kamu memang berniat untuk menonaktifkan akun secara permanen caranya sangat mudah. Berikut caranya:

  • Langkah pertama

kunjungi websitenya di twitter.com. Setelah itu lakukan Login dengan menggunakan nama akun. Kamu juga bisa menggunakan email atau nomor telepon yang terdaftar, kemudian klik ‘Masuk’.

cara menghapus akun twitter lama

  • Langkah kedua

Pada bagian menu di desktop bagian kiri, klik ‘Selengkapnya’, kamu akan masuk ke menu yang lanjutan yang tersembunyi.

cara hapus akun twitter permanen

  • Langkah ketiga

Di langkah ini pilihlah menu dengan nama ‘Pengaturan dan privasi’. Menu ini berisi berbagai macam pengaturan yang berkaitan dengan akun pengguna.

hapus akun twitter yang kena suspend

  • Langkah keempat

Selanjutnya klik menu ‘Akun’. Disinilah kamu nantinya bisa menghapus akun Twitter. Kamu bisa langsung menekan menu ‘Nonaktifkan akun Anda’.

cara menonaktifkan akun twitter sementara

  • Langkah kelima

Langkah kelima yaitu dengan menekan tombol ‘Nonaktifkan’. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi sebagai konfirmasi.

cara delet akun twitter orang lain

  • Langkah keenam

Terakhir tekan tombol ‘Nonaktifkan’. Dengan menekan tombol ini kamu akan dikeluarkan dari akun dan penghapusan akun langsung diproses.

hapus akun twitter lewat hp

Baca Juga : Ukuran Story Instagram

Cara Menghapus Akun Twitter Lewat Android

Mayoritas pengguna Twitter adalah smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. Pastinya sudah banyak yang familiar dengan tampilannya. Langsung saja bagaimana untuk menghapus Twitter di Android.

  • Langkah pertama

Buka aplikasi Twitter dan masukkan akun kamu. Jika aplikasi sudah digunakan, kamu akan langsung masuk di ‘Beranda’ Twitter.

login twitter

  • Langkah kedua

Temukan pada ‘Setting and privacy’ dengan menekan foto akun. Kamu akan menemukan menu yang tersembunyi di bagian tersebut. Setelah itu klik ‘Setting and privacy’.

  • Langkah ketiga

Klik ‘Deactivate your account’. Bagian inilah yang berisi penonaktifan akun.

menonaktifkan akun twitter sementara

  • Langkah keempat

Selanjutnya untuk menonaktifkan akunmu, kamu bisa langsung menekan tombol ‘deactivate’. Sebelumnya kamu akan diberitahu jika proses penonaktifan akan segera dilakukan.

hapus akun twitter orang lain dengan hp

  • Langkah kelima

Pada bagian ini, kamu akan diminta untuk mengkonfirmasi dengan memasukkan sandi akun. Untuk memastikan bahwa kamu sendirilah yang ingin menghapus akun Twitter.

cara hapus akun twitter 2020

Dengan menyelesaikan semua langkah tersebut, secara otomatis akunmu akan segera dinonaktifkan saat itu juga. Namun, kamu juga masih diberikan kesempatan selama 30 hari jika ingin mengembalikan akun.

Cara Menghapus Akun Twitter Lewat iOS

Pada dasarnya Twitter memiliki kesamaan pada sistem aplikasi iOS maupun Android. Hanya saja, kamu akan sedikit menemukan perbedaan antarmuka di bagian Beranda, dan menu-menu lainnya.

Berikut ini cara menghapus Twitter di iOS:

  • Langkah pertama

Sama halnya di aplikasi yang berada pada Android, kamu diminta memasukkan email, user account, dan kata sandinya.

hapus akun twitter lewat Ios

  • Langkah kedua

Pada bagian kedua ini kamu akan dibawa masuk pada ‘Beranda’ Twitter. Tampilannya tidak seperti Android yang menyembunyikan menu-menu yang dimiliki. Di iOS atau iPhone menu-menu ini diperlihatkan pada bagian kiri, di bawah logo Twitter.

Pilih menu yang disembunyikan pada bagian ‘Selengkapnya’.

  • Langkah ketiga

Pada langkah ini pilih ‘Pengaturan dan privasi’. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

  • Langkah keempat

Selanjutnya kamu bisa memilih menu ‘Akun’, kemudian di bagian kanan bawah terdapat tulisan ‘Nonaktifkan akun Anda’.

hapus akun twitter yang lupa password

  • Langkah kelima

Langkah ini kamu bisa menonaktifkan akun dengan menekan tombol ‘Nonaktifkan’.

tahapan hapus akun twitter

  • Langkah keenam

Kamu juga akan diminta untuk konfirmasi dengan memasukkan password. Setelah itu akunmu akan segera dihapus.

Kamu Wajib Tahu : Cara Download Video Facebook

Cara Menghapus Akun Twitter Tanpa Log In

Di bagian ini kamu bisa tetap menghapus Twitter meski tanpa harus melakukan login. Biasanya hal ini terjadi karena user lupa password akunnya atau juga yang kesuspend.

Sering kali juga ada beberapa orang yang tidak bertanggung jawab kemudian akun tersebut dihack oleh orang lain. Sehingga untuk mengamankan akun agar tidak disalahgunakan, kamu bisa menghapusnya dengan cara sebagai berikut:

  • Langkah pertama

Kunjungi situs twitter.com. Kemudian kamu akan dibawa pada halaman masuk Twitter. Disini terdapat kolom untuk memasukkan nomor telepon, email, atau username akun.

Di bagian bawahnya terdapat tulisan ‘forgot password’ atau jika dalam bahasa Indonesia ‘Lupa password’. Klik bagian tersebut.

Tutorial menghapus akun twitter

  • Langkah kedua

Kamu akan dibawa pada halaman yang meminta alamat email. Isikan alamat email yang kamu gunakan untuk mendaftar akun Twitter. Setelah itu klik tombol ‘Cari’.

  • Langkah ketiga

Setelah itu Twitter akan membawa kamu ke halaman selanjutnya untuk menemukan akun Twitter yang ingin dihapus. Ketikkan username dan klik ‘Search’.

permasalahan login pada twitter

  • Langkah keempat

Sistem akan menampilkan akun Twitter kamu. Setelah itu, klik tombol ‘Still need help?’.

cara menghapus akun twitter 2021

  • Langkah kelima

Bagian ini kamu harus mengisikan email atau nama akun yang ingin dihapus. Pada kolom selanjutnya berupa masalah yang ingin kamu sampaikan pada Twitter. Kamu harus mendeskripsikan keinginan untuk menghapus akun Twitter tersebut.

Contohnya, “Saya ingin menghapus akun Twitter saya. Saya lupa kata sandi, dan saya tidak memiliki akses email yang saya gunakan”.

Kemudian, klik ‘Continue’.

Setelah itu, jika memang tidak ada aktivitas selama 30 hari, maka akun Twitter kamu akan segera non aktif dan dihapus.

Baca Ini Juga : Kelebihan Whatsapp Dark Mode

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menghapus Akun Twitter

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan setelah melakukan penghapusan akun Twitter, yaitu:

  • Sebenarnya kamu tidak perlu menghapus akun ketika ingin mengubah username dan email yang digunakan. Karena kedua hal itu bisa disetting di dalam pengaturan akun.
  • Setelah kamu menghapus akun Twitter, biasanya Google, Bing, atau mesin pencari lainnya masih tetap tersedia ketika kamu mencarinya. Akan tetapi informasi tersebut hanya sementara. Ketika data-data dalam sistem sudah terhapus, maka kamu tidak bakal menemukannya lagi.
  • Setelah penghapusan akun selesai, Twitter masih memprosesnya selama 30 hari. Jadi, jangan pernah mengaksesnya kembali dengan media apapun. Sehingga akun tersebut benar-benar bisa terhapus secara permanen.
  • Setelah 30 hari dan tidak ada aktivitas barulah dilakukan proses penghapusan data oleh sistem. Penghapusan ini biasanya memakan waktu selama satu minggu. Setelah itu, kamu tidak bisa menjumpai lagi data apapun yang terkait dengan akun Twitter kamu.

Itulah cara menghapus akun Twitter paling lengkap lewat hp atau desktop, lewat Android atau iOS, dan juga ketika ingin menghapus tanpa login terlebih dahulu. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, pastinya sangat mudah dilakukan.

Leave a Comment