4 Cara Menghapus Halaman Di Word Paling Mudah

Kalian sedang mengetik artikel lalu menemukan halaman kosong ketika selesai melakukan editing? Jangan khawatir, kami disini akan memberikan 4 cara menghapus halaman di Word yang bisa kalian gunakan dengan mudah dan cepat.

Microsoft Word menjadi sebuah software yang wajib untuk kita miliki saat ini, terutama bagi kalian-kalian kaum pelajar.

Disinilah kita mengetikkan hampir semua tugas berbentuk makalah ataupun artikel yang diberikan oleh guru maupun dosen kita.

Nah, tak jarang, ketika kita sudah menyelesaikan pengetikan artikel maupun makalah kita dan mulai meng-edit-nya, kita menemukan beberapa halaman kosong di dalamnya.

Jika halaman kosong yang ada hanya 1 halaman saja, kita bisa dengan mudah tinggal menekan tombol “Del” hingga halaman kosong tersebut hilang. Namun, lain ceritanya jika ternyata terdapat banyak halaman kosong pada Word kita.

Nah disini, kami akan memberikan kepada kalian, tips & trick yang bisa kalian gunakan pada Microsoft Word untuk menghilangkan halaman kosong yang ada pada Word kalian.

Menggunakan Navigation Pane

Tips & trick pertama yang akan kami berikan kepada kalian adalah cara menghapus halaman di Word dengan menggunakan Navigation Pane.

Bagi kalian yang tidak pernah dengar apa itu Navigation Pane, Navigation Pane adalah fitur yang diberikan oleh Microsoft Word untuk mencari kata atau memberikan gambaran luas mengenai struktur artikel atau makalah yang sedang kalian kerjakan.

Untuk mengakses Navigation Pane sangatlah mudah. Buka tab Home, kemudian pilih Find pada bagian Editing.

langkah detele halaman di word mac

Setelah kalian melakukan perintah di atas, maka Navigation Pane akan muncul pada sisi kiri layar kalian, sejajar dengan tampilan kertas tempat kalian mengetik. Kalian juga bisa memunculkan Navigation Pane melalui tab View bagian Show yang bisa kalian centang.

cara menghapus halaman di word mac

Jika kalian memperhatikan pada bagian Navigation maka kalian akan menyadari bahwa dalam Navigation Pane terdapat 3 tab yang bisa kalian pilih, yakni Headings, Pages, dan Results.

tips menghapus halaman di word pdf

Heading akan memberitahukan kepada kalian heading apa saja yang terdapat pada artikel maupun makalah kalian. Pages akan memberikan tampilan kecil semua halaman yang ada pada artikel maupun makalah kalian.

Sedangkan Result akan memberikan hasil pencarian kata yang kalian masukkan pada kotak pencarian diatas tab tersebut.

Baca Juga : Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Karena kita membahas mengenai cara menghapus halaman di Word, maka kita akan fokus dengan tab Pages yang ada pada Navigation Pane.

Pada contoh dibawah, kalian akan melihat bahwa pada halaman 3 dan halaman 5 dari artikel ini adalah halaman kosong.

langkah detele halaman di word mac

Nah, di sini, yang perlu kalian lakukan adalah Pilih halaman yang kosong tersebut, kemudian tekan tombol Del hingga halaman tersebut hilang.

Dengan begini, halaman kosong yang terdapat pada artikel maupun makalah kalian akan hilang bagaikan ia tak pernah ada. Hehehe…

Artikel Menarik Lainnya : Cara Aktivasi Microsoft Office 2016

Menghapus Page Break

Jika kalian sudah mahir dalam menggunakan Microsoft Word, bisa jadi kalian sudah mengetahui tentang apa itu Page Break.

Page Break, bagi kalian yang belum tahu apa itu, adalah fitur yang terdapat pada Microsoft Word yang bisa kalian gunakan untuk memisah halaman.

Fitur ini biasanya digunakan jika sang penulis ingin menuliskan bab selanjutnya pada halaman yang baru dan tidak bercampur dengan bab sebelumnya.

Nah, halaman yang sudah di page break tidak akan bercampur dengan halaman lainnya dan akan tetap memastikan adanya jarak antara halaman satu dengan halaman lainnya.

Page Break bisa kalian temukan pada tab Layout -> Page Setup -> Break yang ada pada Microsoft Word.

cara menambah dan menghapus halaman di word

Nah, sekarang untuk cara menghapus halaman kosong karena page break kalian. Di bawah adalah contoh halaman kosong yang disebabkan oleh page break.

begini cara deteled halaman di word mac

Seperti yang kalian lihat, halaman 2 pada artikel ini adalah hasil dari halaman 1 yang sudah di page break sebelumnya.

Untuk menghilangkan halaman kosong ini, yang perlu kita lakukan adalah klik halaman kosong tersebut, kemudian tekan tombol Del hingga halaman kosong tersebut menghilang.

langkah menghapus halaman di word pdf

Jika kalian mengalami kesusahan untuk menemukan dimana kalian meletakkan page break kalian sebelumnya, kalian bisa menggunakan fitur yang bernama Show/Hide Paragraph Mark.

Fitur ini akan memperlihatkan kepada kalian dimana letak spasi, enter, dan juga page break yang ada pada Word kalian.

step by step menghapus nomor halaman di word

Kalian bisa menemukan fitur ini pada tab Home -> Paragraph.

langkah menghapus nomor halaman di word yang sudah di page break

Kamu Wajib Tahu : Cara Print Bolak Balik

Menghapus Halaman Kosong Di Tengah dan Akhir Dokumen

Nah, setelah kalian menemukan cara menggunakan page break, kami yakin kalian akan sering-sering menggunakan fitur yang satu ini karena kemudahannya.

Namun, bisa saja terkadang kalian mengalami masalah halaman kosong yang disebabkan oleh page break. Berbeda dari masalah sebelumnya, kali ini kalian tidak dapat menghapus halaman kosong ini menggunakan cara sebelumnya.

Jangan khawatir, ada cara lain yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh page break ini.

Cara menghapus halaman di Word yang satu ini berkaitan dengan pengaturan paragraf kalian. Ketika kalian selesai menggunakan page break, kalian akan mengetikkan paragraf baru pada halaman kalian.

Nah, paragraf baru ini mungkin saja memiliki pengaturan yang bermasalah yang menyebabkan kalian mendapatkan halaman kosong yang tidak bisa kalian hilangkan.

Untuk mengatasi masalah ini, yang perlu kalian lakukan adalah dengan cara:

  • Klik kanan pada awal paragraf kalian dan pilih Paragraph.

cara menambah dan menghapus halaman di word

  • Setelah tab Paragraph muncul, pilih Line and Page Break.

langkah menghapus halaman di word pdf

Seperti yang kalian lihat di atas, pada bagian Pagination, Page break before tercentang, menyebabkan paragraf yang kita buat membentuk page break-nya sendiri.

Untuk mengatasi hal ini, hal yang perlu kalian lakukan adalah dengan menghilangkan centang page break before dan kemudian klik OK.

Dengan begini, halaman kosong yang sebelumnya tidak bisa kalian hapus akan otomatis hilang dengan sendirinya, dan jika tidak, kalian sekarang dapat menghapusnya.

Baca Ini Juga : Cara Menghapus Halaman PDF

Menghapus Halaman Kosong Setelah Tabel

Untuk cara menghapus halaman di Word terakhir yang akan kami berikan adalah halaman kosong yang disebabkan oleh pembuatan tabel.

Jika kalian teliti saat membuat tabel di Word, kalian akan melihat bahwa setelah kalian menciptakan tabel tersebut, terdapat ruang di bawah tabel sebagai pembatas antara border tabel dengan tulisan kita.

Namun, jika kalian membuat tabel ini pada bagian paling bawah halaman artikel maupun makalah kalian, kalian juga akan melihat bahwa halaman baru akan tercipta karena tabel ini.

langkah menghapus halaman di word pdf

 

Hal ini bisa sangat merepotkan karena terkadang halaman baru yang tercipta ini sangatlah susah untuk dihilangkan.

Nah disini, ada dua cara yang bisa kalian gunakan untuk menghilangkan halaman kosong ini.

1. Mengecilkan Ukuran Font Pada Halaman Baru

tutorial menghapus halaman tertentu pada di word

Cara pertama yang bisa kita gunakan adalah dengan mengecilkan ukuran font pada halaman baru yang tercipta tersebut.

Untuk melakukannya, kalian bisa klik kanan pada mouse kalian, kemudian pilihlah font paling kecil yang tersedia.

2. Menghilangkan Jarak Pemisah Paragraf

Bila cara pertama tidak berhasil menghilangkan halaman baru yang terbentuk, kalian bisa menghilangkan jarak pemisah antar paragraf.

Hal yang perlu kalian lakukan adalah:

  • Pilih tab Home -> pilih Line and Paragraph Spacing

cara deleted halaman di word yang sudah di page break

  • Kemudian jika sudah, pilih Remove Space After Paragraph.

Jika kalian sudah melakukannya, bisa dipastikan sekarang halaman kosong yang tercipta karena tabel kalian sudah hilang.

Akhir Kata

Microsoft Word merupakan bagian penting dalam kehidupan dunia digital seperti saat ini. Dengan fiturnya yang beragam, software ini dapat mempermudah kita dalam melakukan kegiatan pengetikkan sehari-hari.

Namun, software ini jugalah tidak luput dari kesalahan yang bisa membuat kita pusing sendiri, salah satunya adalah halaman kosong. Maka dari itu kami memberikan artikel cara menghapus halaman di Word yang bisa kalian gunakan.

Sekian dulu ya, artikel mengenai cara menghapus halaman di Word kali ini. Sampai jumpa dan selamat nugas…

Leave a Comment