12 Cara Menggabungkan Video Secara Online dan Aplikasi

Dulu waktu kecil penulis serta anak-anak jaman old bercita-cita menjadi pesepak bola, ada juga yang jadi ingin polisi, dokter, pilot dll.

Seiring berjalanya waktu serta semakin pesatnya teknologi berubah pula cita-cita anak jaman now kita sebut saja selebgram, youtuber, gamer, programmer, serta yang sedang marak digandrungi yakni TikTok.

Dibalik fantastisnya kepopuleran dan uang yang dapat dihasilkan. Kalian juga harus melihat butuh perjuangan serta kerja kerasnya seorang editor untuk membuat dan mengedit video yang menakjubkan.

Mungkin bagi orang yang “berada” bisa menyewa atau mempekerjakan editor profesional namun bagi kita yang pemula dan yang “tidak berada” mesti bagaimana?

Tenang saja masih ada jalan bagi kita seorang pemula dan “tidak berada” untuk dapat mengedit minimal tau cara menggabungkan video baik itu di Youtube ataupun TikTok dalam satu frame.

Secara garis besar penulis akan membaginya ke dalam 2 bagian yakni cara menggabungkan video di laptop secara online dan di Android, langsung saya simak pemaparan yang akan penulis sampaikan.

Cara Menggabungkan Video Lewat PC Secara Online

Ya, seperti yang telah penulis singgung sebelumnya penulis akan memberikan cara menggabungkan video dalam satu frame secara online untuk Youtube atau TikTok baik itu menggunakan komputer atau laptop bisa juga di iPhone.

1. Clideo

Pertama kita akan membahas Clideo, website ini bisa kalian gunakan untuk menggabungkan video dalam satu frame secara online dan tanpa watermark, ok langsung saja tanpa panjang lebar simak caranya:

  • Silakan buka dulu website Clideo kemudian pilih Merge.

trik menyatukan video di laptop

  • Setelah dibuka kalian akan dibawa ke halaman beranda edit video, pilih Choose file untuk meng-upload video kalian dari komputer, di laptop atau iPhone, namun jika ingin mengunggah file melalui Drive atau Dropbox juga bisa.

tips menyatukan video secara online

  • Tunggu proses uploading selesai, jika sudah selesai kalian sudah bisa mengedit video layaknya menggunakan Adobe Premiere namun versi pemula.
  • Jika sudah selesai kemudian pilih Add more video yang terdapat di pojok kanan bawah halaman, kemudian pilih video yang mau digabung.

tutorial menyatukan video di iphone

  • Tunggu lagi proses upload video yang kedua ini hingga selesai, jika sudah selesai klik Merge untuk menggabungkan kedua video tersebut.

langkah menggabungkan jadi satu video

  • Jika sudah selesai proses penggabungannya klik Download. Selamat video kalian sudah digabung dan bersiap untuk upload di Youtube atau di TikTok.

tutorial mengedit video online jadi satu

Artikel Menarik : Cara Membuat QR Code

2. Apowesoft

Selanjutnya kita akan membahas cara menggabungkan video secara online yang kedua, berbeda sedikit dengan yang pertama.

Apowersoft mudah digunakan dan sangat simple serta tanpa watermark, dengan dua kali pencet saja video yang kalian ingin gabungkan sudah jadi.

  • Buka website Apowersoft lalu masukan video pertama yang kalian ingin gabungkan, caranya di drag/ drop atau klik ikon +.

tips menggabungkan video di tiktok

  • Proses upload nya tergantung seberapa besar video yang kalian unggah serta seberapa cepat internet kalian, bila sudah hasilnya akan begini.

tips jadi satu video secara online

  • Kemudian tambahkan lagi video kedua yang ingin kalian gabungkan dengan cara klik tombol Add Video. Tunggu beberapa saat.
  • Jika sudah selesai pilih tombol Download untuk menikmati hasil gabungan video dari hasil Apowersoft yang dilakukan secara online.

trik mengedit video di laptop

3. Spark Adobe

Dari dua web yang sudah kita bahas di atas, video editor online ini mungkin yang terbilang terkenal diantara yang telah kita bahas sebelumnya, pasalnya terdapat kata Adobe.

Seperti yang telah kita tahu bersama, perusahaan ini terkenal karena telah banyak mem-produce aplikasi yang sangat bermanfaat salah satunya Adobe Premiere.

  • Seperti biasa masuk dulu ke halaman web Spark Adobe, kemudian pilih Merge your video now.

cara mengedit video di tiktok

  • Kemudian kalian akan diminta login, kalian bisa masuk menggunakan Google, Facebook, Apple, Adobe ID bahkan seorang mahasiswa maupun dosen juga punya pintu masuk khusus ke laman ini.

langkah menggabungkan video di laptop

  • Setelah itu kalian juga diminta memasukan nama lengkap dan ada beberapa hal yang perlu kalian ikuti tapi cukup mudah tinggal klik next sampai selesai.
  • Jika sudah selesai kalian akan dibawa masuk ke halaman editor Spark Adobe, cara untuk mengunggah video ke dalamnya agak membingungkan pada awalnya tapi lama-kelamaan kalian akan terbiasa. Caranya dengan klik tombol + kemudian tekan persegi berwarna putih yang telah kalian tambahkan tadi.

trik mengedit video di laptop

  • Maka akan muncul ikon video di tengah-tengah layar, klik ikon tersebut lalu pilih video yang ingin kalian gabungkan.

cara mengedit video iphone di kinemaster

  • Lakukan proses yang sama untuk upload video yang kedua.
  • Jika sudah makan video kalian akan secara otomatis tergabung serta kalian juga bisa melihat cuplikanya. Jika ingin men-download video yang telah kalian gabung bisa arahkan kursor ke bagian atas layar kemudian klik Download.

cara mengedit dalam satu frame video

  • Selamat video kalian sudah berhasil digabungkan dan bisa segera upload di TikTok.

Kamu Wajib Baca : Cara Mengatur Ukuran Kertas A3

4. Online Converter

Selanjutnya kita akan membahas Online Converter, tidak seperti namanya yang hanya bisa convert file tapi website ini juga bisa menggabungkan video.

Lebih penting lagi website ini tanpa watermark, caranya pakainya juga mudah bahkan bisa langsung menggabungkan empat video sekaligus, penasaran? langsung liat aja caranya dibawah ini:

  • Buka situs Online Converter kemudian langsung memasukkan video yang ingin digabungkan (bisa 4 sekaligus).

cara menyatukan video secara online

  • Setelah memasukan video yang ingin digabungkan kemudian pilih Merger. Tunggu beberapa saat sampai selesai prosesnya.

tutorial menyatukan video di iphone

  • Jika sudah klik Download untuk menikmati hasil video yang telah di merger secara online.

tutorial mengedit video online jadi satu

5. Pixiko

Pixiko merupakan salah satu tools yang dapat kalian gunakan untuk menggabungkan video dalam satu frame secara online, cara penggunaanya juga tidak kalah mudah, cukup bermodalkan browser dan kuota internet.

  • Buka website Pixiko lalu drag/ drop video kalian ke dalam kolom yang telah disediakan atau juga bisa dengan cara lain seperti menekan tombol Ok try a sample!.

langkah menggabungkan video di laptop

  • Sehabis itu kalian akan ditempatkan di halaman editor milik Pixiko, untuk menambahkan video yang kedua untuk digabungkan cukup tekan Upload yang berada di pojok kiri atas layar monitor.

tips mengedit video di kinemaster

  • Jika sudah menambahkan video yang kedua maka kalian bisa langsung Merger atau jika kalian ingin menambahkan video yang ketiga bisa melakukan cara yang sama. Klik tombol Merger yang terdapat di pojok kanan atas lalu tekan RENDER.

langkah menggabungkan video di laptop

  • Tunggu proses Merger hingga selesai.

cara mengedit video tanpa watermark

  • Kalo sudah selesai maka video tersebut dapat kalian Download serta bisa langsung di upload di TikTok atau media sosial lainnya.

Penting Untuk Kamu Tau : Cara Menghapus Chromium

6. WoFox

Cara menggabungkan video selanjutnya adalah WoFox berbeda dengan yang lainnya situs ini masih tahap Beta. Dengan kata lain masih dalam pengembangan, namun jangan khawatir website ini tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik sesuai dengan keinginan kalian.

  • Masuk ke laman resmi WoFo kemudian pilih tab video.

cara mengedit video jadi satu

  • Berikutnya setelah masuk tab video silahkan unggah video yang ingin kalian gabung dengan cara tekan tombol Upload.
  • Jika ingin menambah video lain yang ingin digabung pilih saja Add more
  • Apabila sudah memilih kedua videonya maka WoFox otomatis akan menggabungkan video kalian lalu setelah selesai prosesnya pilih download.

7. Aconvert

Terakhir untuk cara menggabungkan video dalam satu frame secara online melalui komputer, di laptop atau iPhone bisa kalian gunakan Aconvert, langsung saja kita lihat caranya:

  • Masuk dulu ke website Aconvert, kemudian langsung pencet Browse… lalu pilih video yang ingin kalian gabung.

cara menggabungkan video dalam satu frame

  • Jika sudah selesai kalian bisa langsung tekan Submit, sehabis itu kalian masukan lagi video yang kedua dan seterusnya dengan menggunakan cara yang sama.
  • Bila dirasa cukup untuk menggabungkan video yang kalian inginkan maka langkah terakhir yang kalian lakukan yah sudah pasti pilih download. Selamat video kalian telah berhasil digabungkan.

Baca Juga : Penyebab Flash Disk Tidak Terbaca

Cara Menggabungkan Video di Android

Selanjutnya cara yang dapat kalian lakukan yaitu dengan cara mengedit video dalam satu frame di Android, berbeda dengan sebelumnya yang berbasis online sekarang berbasis aplikasi khususnya Android.

Sekarang mengedit menjadi lebih mudah lebih spesifik menggabungkan video bisa dilakukan di ponsel.

Dulu tidak mungkin, karena proses editing memakan daya yang cukup besar dan hanya bisa dilakukan di komputer atau di laptop namun sekarang dapat memungkinkan di ponsel, langsung saja simak caranya.

1. FilmoraGO

Aplikasi pertama yang akan kita gunakan untuk menggabungkan video di Android adalah FilmoraGO.

Sedikit kita bahas fitur yang terdapat di aplikasi ini yakni terdapat banyak filter yang menarik dan cukup lengkap serta yang paling penting GRATIS.

Selain itu yang tidak kalah pentingnya FilmoraGO tanpa watermark sehingga kita bebas mengedit atau menggabungkan video sepuasnya tanpa perlu takut ada tanda brand.

  • Persiapan pertama yang kalian lakukan sudah pasti download dulu aplikasi FilmoraGO di Play Store. Setelah download silakan buka aplikasinya kemudian di halaman pertama pilih Buat Video Baru.

tips menggabungkan video tanpa watermark

  • Kemudian pilih video apa yang ingin kalian gabungkan, bisa berupa video lucu, vlogger, edukasi atau apapun.

cara mengedit video di laptop

  • Jika sudah kalian pilih maka akan di forward ke halaman editing, disini kalian bisa mengkostumisasi durasi videonya dengan cara menggeser kedua tombol yang ditunjuk tanda panah merah lalu tekan Berikutnya.

cara mengedit video jadi satu

  • Selanjutnya kalian akan diarahkan ke halaman editing utama, masukan video kedua yang ingin kalian gabungkan. Caranya dengan menekan tombol tanda tambah yang berada di pojok kanan bawah ditandai dengan garis merah.

tips menggabungkan video di tiktok

  • Jika sudah dimasukkan video keduanya maka akan terlihat kedua video kalian dibagian bawah layar HP. Kalian juga bisa menambahkan berbagai filter atau efek yang menarik ke dalam video seperti transisi, musik dan lain sebagainya.

cara menggabungkan dalam satu frame video

  • Apabila kalian sudah puas dengan hasil efek yang telah kalian gunakan maka selanjutnya kalian bisa simpan video tersebut dengan cara menekan tombol simpan yang ditunjuk oleh panah berwarna merah ini.

trik menyatukan video tanpa watermark iphone

  • Tunggu prosesnya hingga selesai, bila sudah maka video kalian sudah berhasil digabungkan ditambah dengan berbagai efek yang telah kalian pakai tadi.

2. VivaVideo

Berikutnya merupakan aplikasi Android yang cukup terkenal juga yakni VivaVideo yang tidak kalah dari FilmoraGO. Menggunakan aplikasi ini mudah serta banyak fitur-fitur yang unik dan yang paling penting bisa menggabungkan video dalam satu frame.

  • Seperti biasa download dulu aplikasi VivaVideo di Play Store. Jika sudah langsung masuk saja ke dalam aplikasinya.
  • Setelah masuk langsung upload video dengan cara yang ditunjuk garis merah seperti di gambar ini.

langkah menyatukan jadi satu video

  • Kalian bisa langsung memilih beberapa video sekaligus setelah itu kalian juga bisa memasukan latar musik ke dalam videonya dengan cara berikut ini.

cara mengedit video iphone di kinemaster

  • Tidak terbatas musik, kalian juga bisa menambahkan stiker, teks dll. Bila sudah selesai mengkostumisasi maka langkah selanjutnya perlu kalian ambil adalah simpan. Caranya adalah klik menu Share lalu pilih Export to Gallery.

cara menggabungkan video secara online

3. InShot

Aplikasi selanjutnya adalah InShot, selain menggabungkan video juga bisa menambahkan berbagai efek atau filter yang sedang trends di TikTok bahkan kalian juga bisa mengedit gambar.

  • Download aplikasi InShot di Play Store, lalu pilih menu video di home pages.

cara menggabungkan video di kinemaster

  • Kemudian akan masuk ke laman library video lalu pilih video pertama yang kalian ingin gabungkan. Setelah dipilih klik tombol checklist yang berada di pojok kanan bawah layar.

cara mengedit video di laptop

  • Setelah itu kalian akan dilempar ke laman editing InShot. Jika ingin langsung menambahkan video yang kedua maka bisa langsung tekan tanda + yang terletak di pojok kiri bawah layar.

cara mengedit video jadi satu

  • Tunggu proses uploading selesai, kecepatan upload tergantung dari ukuran video serta kecepatan internet kalian.

tips menggabungkan video di tiktok

Apabila kalian ingin menambahkan beberapa efek yang menarik bisa segera kalian lakukan dengan memilih menu yang tersedia. Namun bila dirasa cukup maka bisa langsung tekan simpan.

4. Kinemaster

Kinemaster merupakan aplikasi Android yang digunakan untuk menggabungkan video dalam satu frame. Aplikasi ini sama seperti yang lainya aplikasi ini memiliki banyak fitur yang menarik serta interaktif.

Pengguna aplikasi ini juga sudah banyak khususnya para pemula seperti kita. Jadi jangan takut dengan kerumitan proses editingnya karena aplikasi ini cukup mudah digunakan.

  • Download dulu aplikasi Kinemaster di Play Store, lalu buka aplikasinya. Jika sudah pilih project kosong kemudian pilih rasio layar yang kalian inginkan.

tutorial menyatukan video di iphone

  • Berikutnya kalian bisa langsung menambahkan video yang ingin digabung dengan cara pilih menu media lalu masukan video yang pertama. Video yang kedua juga bisa kalian input dengan cara yang sama.

cara mengedit video iphone di kinemaster

  • Selain menggabungkan video kalian juga bisa menambahkan efek lainya seperti musik, teks, dan filter. Jika sudah kalian bisa menekan icon pintu yang berada di pojok kanan atas lalu pilih export maka video kalian sudah berhasil di download.

5. VlogNow

Aplikasi cara menggabungkan video di Android yang terakhir adalah VlogNow atau biasa disingkat VN.

Selain bisa menggabungkan video, kalian juga bisa membuat efek glow yang sedang trend di TikTok. Oleh karena itu kalian wajib coba aplikasi ini dan yang terpenting tanpa watermark.

  • Seperti biasa download dulu aplikasi VN, jika sudah tekan tombol plus seperti gambar dibawah ini yang ditunjuk garis merah.

cara menyatukan video secara online

  • Kemudian tekan New Project untuk memasukan video yang ingin kalian gabungkan.

cara mengedit video tanpa watermark

  • Kalian bisa langsung memasukan beberapa video sekaligus sehingga tidak perlu repot-repot mengulang. Jika sudah memilih lalu klik tanda panah seperti yang ditandai di gambar berikut ini.

tips menggabungkan video di tiktok

  • Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman editing milik VN. Disana kalian bisa membuat berbagai efek khususnya filter TikTok yang menarik lalu selain itu juga bisa menambahkan efek musik.
  • Jika dirasa cukup maka klik save dan export untuk men-download video. Selamat video kalian telah berhasil digabungkan.

cara online menggabungkan video

Kesimpulan

Sekian pembahasan penulis tentang cara menggabungkan video secara online dan di Android baik yang ada menggunakan watermark maupun tanpa watermark.

Intinya kalian bisa menggabungkan semua video yang kalian inginkan kedalam satu frame yang sama sehingga bisa untuk di upload di Youtube maupun di TikTok.

Leave a Comment