6 Kelebihan WhatsApp Dark Mode dan Cara Aktivasinya

Mode dark atau gelap memang sedang populer belakangan. Berbagai platform media sosial, seperti Youtube, twitter, Instagram turut mengadopsi tema bernuansa hitam ini. Baik untuk Android, iOS hingga sistem operasi komputer. Tidak mau ketinggalan, WhatsApp turut menghadirkan Whatsapp dark mode.

Whatsapp pastinya menjadi salah satu aplikasi chatting yang ada di gawaimu, aplikasi chatting gratis satu ini memang populer di Indonesia. Tidak heran jika pengembang aplikasi terus mengembangkan fitur-fitur menarik untuk memuaskan pengguna setianya.

Fiturdark mode pada Whatsapp resmi diluncurkan pertama kali di Maret 2020. Fitur inii cukup dinantikan sebab dinilai dapat mempercantik tampilan. Dengan adanya dark mode, kini Whatsapp memiliki tiga pilihan tema.

Kelebihan Whatsapp Dark Mode

Tren pemakaian fitur dark mode pada sejumlah aplikasi ini tentu tidak lepas dari kelebihan yang membuat tema gelap ini disukai. Dominasi warna hitam atau abu-abu menjadikan ditampilkan dinilai lebih nyaman digunakan.

Begitu pula pada WhatsApp dark mode yang mampu mengurangi ketegangan mata ketika digunakan. Membuat pengguna Whatsapp tidak mengalami ketegangan mata ketika menggunakannya di lingkungan dengan pencahayaan rendah.

Mode ini sangat cocok digunakan utamanya di malam hari atau di dalam ruangan minim cahaya. Selengkapnya berikut ini kelebihan WhatsApp dark mode yang perlu kamu ketahui:

1. Nyaman di Mata

download whatsapp dark mode

Daya tarik dari dark mode adalah untuk kesehatan mata saat menggunakan gawai atau komputer dalam waktu lama. Khususnya bagi penderita fotofobia yakni kondisi ketakutan abnormal pada cahaya.

Ketika berada di depan layar dalam waktu yang lama, penderita fotofobia dapat mengalami kelelahan mata hingga memicu migrain, bahkan pada kondisi cahaya yang rendah.

Terlalu lama di depan layar terang dapat meningkatkan risiko rabun jauh atau miopi karena adanya penipisan lapisan koroid. Padahal lapisan ini yang berperan memasok oksigen ada retina mata. Dark mode diklaim dapat menjaga mata dari risiko kerusakan mata termasuk miopi.

Baca Juga : Ukuran Story Instagram

2. Diklaim Lebih Baik Dari Mode Dark Umumnya

Jika mode gelap pada umumnya menggunakan warna hitam pekat sebagai latar dan putih sebagai warna tulisan, tidak pada Whatsapp dark mode. Whatsapp tidak menggunakan warna hitam sepenuhnya.

Warna abu-abu gelap dipilih sebagai latar belakang aplikasi secara umum. Latar bubble dibuat memiliki gradasi warna dengan warna abu tua untuk bubble chatting masuk dan latar hijau tua gelap untuk bubble chatting keluar atau terkirim. Dengan font berwarna abu terang.

Pemilihan warna-warna tersebut diklaim lebih nyaman untuk mata dibandingkan warna hitam pekat pada mode gelap umumnya. Sebab sebelum mengaplikasikan mode gelap, pihak Whatsapp telah melakukan uji coba.

3. Bernilai Estetik

whatsapp dark mode iPhone 6

Mode gelap pada berbagai aplikasi dinilai lebih estetik. Warna hitam yang dominan kerap disandingkan dengan kesan berkarisma, sifat misterius dan penuh pesona. Tidak heran mode ini cukup banyak diminati.

Warna hitam yang dominan dipadukan dengan warna putih terbukti memiliki daya tarik yang disukai pengguna. Tampilan dark mode tidak hanya dinilai menampilkan kesan misterius namun juga kasual.

4. Daya Baterai Lebih Tahan Lama

Penggunaan baterai pada dark mode lebih tahan lama khususnya pada gawai dengan layar AMOLED atau Organic light-emitting didole (OLED). Sebab layar tersebut memiliki lapisan yang mempu memancarkan cahaya sendiri.

Sejumlah pengujian menunjukkan penggunaan dark mode pada gawai terbaru, iPhone dan Android serta Google Pixel mampu menghemat daya baterai.

Penghematan baterai pada layar OLED tersebut tidak lepas karena kemampuan layar memancarkan cahaya sendiri. Ketika menampilkan warna hitam atau gelap seperti pada WhatsApp dark mode piksel akan mati sehingga menghemat baterai.

5. Terlihat Bagus Pada Lingkungan Gelap

iOS 12 whatsapp dark mode

Pernahkah kamu cahaya ponsel orang lain ketika berada di tempat gelap, misalkan di dalam bioskop, di tengah konser atau di dalam tenda ketika camping. Hal itu karena cahaya terang yang cukup mengganggu pemandangan.

Mode gelap pada Whatsapp dark mode membuatnya lebih terlihat bagus. Latar gelap pada gawai mengurangi cahaya yang menerangi wajah pengguna gawai. Wajah pengguna jadi terlihat lebih nyaman dibandingkan sebaliknya.

6. Dapat Membantu Mengurangi Gejala Insomnia

Insomnia atau gangguan sulit tidur pada seseorang dapat semakin parah dengan penggunaan gawai berlebihan. Hal tersebut karena cahaya biru yang dihasilkan layar gawaii berkurang dalam fitur dark mode. Cahaya biru tersebut yang membuat kesulitan tidur.

Untuk memperbaiki siklus tidur disarankan penghentikah penggunaan gawai satu jam sebelum tidur. Namun hal ini tidak mudah dilakukan karena sering kali sebelum benar-benar terlelap sulit untuk tidak menyentuh gawai.

Penggunaan dark mode seperti pada Whatsapp dark mode bisa menjadi solusi untuk kamu yang memiliki masalah pada siklus tidur.

Kekurangan WhatsApp Dark Mode

WA dark mode Iphone

Selain memiliki kelebihan, mode gelap pada fitur Whatsapp ini juga memiliki kekurangan. Meski tidak banyak namun kamu harus mengetahuinya. Berikut kekurangan fitur dark mode:

1. Tidak Cocok untuk Membaca Cepat

Meski dinilai nyaman di mata, tidak cepat lelah karena cahaya yang redup, ternyata mode gelap seperti tidak cocok untuk beberapa kegiatan. Salah satunya untuk membaca cepat dan mengoreksi tulisan.

Dilansir UX Design, sebuah riset yang dilakukan Universitas Passau menghasilkan bahwa membaca dapat lebih cepat pada latar berwarna putih. Kesalahan penulisan juga dapat terdeteksi lebih cepat pada latar berwarna putih.

2. Tidak untuk Pemilik Mata Silinder

Meski warna gelap pada layar dinilai tidak cepat membuat mata lelah, nyatanya hal tersebut tidak cocok untuk pemilik mata silinder. Gangguan mata ini membuat penderitanya mengalami penglihatan yang kabur baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Mata silinder tidak cocok menggunakan Whatsapp dark mode sebab penderita mata silinder akan mengalami kesulitan membaca teks putih pada latar gelap.  Tingkat pencahayaan pada latar yang rendah mengharuskan iris mata terbuka lebih lebar untuk menerima cahaya.

Kamu Wajib Tahu : Cara Membuat Link Whatsapp

Cara Mengaktifkan Whatsapp Dark Mode di Android

Untuk mengaktifkan fitur Whatsapp dark mode pada Android cukup mudah, terlebih bagii pengguna Android 10 yang cukup dengan mengaktifkan pada setting perangkat. Sedangkan untuk pengguna Android 9 dapat mengaktifkan mode gelap dalam beberapa langkah.

WA dark mode android

Sebelumnya pastikan kamu sudah mengupdate aplikasi Whatsapp terbaru yakni mulai versii 2.20.69. Jika sudah, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Klik menu atau tanda titik tiga di pojok kanan atas aplikasi Whatsapp
  • klik submenu ‘Pengaturan’ atau ‘Settings’
  • Buka menu ‘Obrolan’ atau ‘Chat’
  • Selanjutnya pilih ‘Tema’ atau ‘Theme’
  • Akan muncul pilihan, tinggal pilih ‘Gelap’ atau ‘Dark’

Maka fitur dark mode Whatsapp pada android telah berhasil diaktifkan. Tampilan Whatsapp akan berubah berwarna gelap.

Baca Ini Juga : Tips Mengatur Ukuran Header Youtube

Cara Mengaktifkan Whatsapp Dark Mode di iPhone

Sama halnya dengan Android, untuk menggunakan Whatsapp dark mode, terlebih dahulu harus mengupdate versi Whatsapp terbaru yakni mulai versi 2.20.30. Langkah selanjutnya cukup mudah khususnya bagi pengguna iOS 13 kw atas.

whatsapp dark mode untuk iOS 14

Dark mode WhatsApp dapat langsung aktif dengan mengaktifkan mode gelap pada pengaturan sistem atau tidak perlu mengaktifkan di aplikasi Whatsapp. Berikut langkah untuk mengaktifkan mode gelap pada pengguna iOS 13:

  • Klik Setting atau pengaturan pada perangkat iPhone
  • Pilih ‘Display & Brightness’ atau ‘layar & kecerahan’
  • Akan muncul pilihan tema, tinggal pilih tema ‘Dark’

Maka tampilan iPhone akan menjadi dark mode begitu pula dengan aplikasi Whatsapp secara otomatis juga berubah. Kamu tidak perlu lagi mengatur secara manual.

Cara Mengaktifkan Whatsapp Dark Mode di Dekstop

iOS 12 whatsapp dark mode

Fitur Whatsapp dark mode juga bisa dinikmati pada layanan versi web pada perangkat dekstop. Sama halnya dengan penggunaan pada gawai, fitur ini memberikan tampilan warna gelak keabu-abuan dengan warna font putih.

Peluncuran mode dark di dekstop ini sedikit lebih lama dari versi gawai. Namun tentu tidak memenuhi tuntutan pengguna dark mode juga bisa diaplikasikan pada dekstop.

Berikut langkah untuk mengaktifkan fitur dark mode versi dekstop:

  • Buka web.whatsapp.com atau download aplikasi Whatsapp web pada komputer.
  • Sambungkan dengan WhatsApp di smartphone, klik menu, pilih WhatsApp Web lalu pindah kode QR pada layar monitor web.
  • Jika sudah terhubung, klik submenu ‘Pengaturan’ atau ‘Settings’
  • Buka menu ‘Obrolan’ atau ‘Chat’
  • Selanjutnya pilih ‘Tema’ atau ‘Theme’
  • Akan muncul pilihan, tinggal pilih ‘Gelap’ atau ‘Dark’

Maka mode gelap Whatsapp telah berhasil diaktifkan dan tampilan layar Whatsapp ada dekstop akan berubah.

Nah, itu dia tentang fitur dark mode pada aplikasi chatting Whatsapp. Cara aktivasi yang mudah menjadi cara Whatsapp memberi kenyamanan bagi penggunanya. Baik bagii pengguna Android, iPhone hingga Whatsapp Web bisa menggunakan fitur.

Bagaimana menurut kamu? Fitur Whatsapp dark mode memang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Sebagai pengguna, kamu dapat menentukan untuk menggunakan sesuai dengan kebutuhan. Mau jadi tim dark mode atau  light mode.

Leave a Comment