3 Cara Membuat Tanda Tangan Digital Paling Mudah

Mungkin, sepuluh tahun yang lalu sebagian orang tidak berpikiran untuk menandatangani sebuah dokumen dengan menggunakan tanda tangan digital. Namun, dengan adanya kecanggihan teknologi saat ini sudah terdapat cara membuat tanda digital dengan mudah.

Cara penandatangan yang satu ini bertujuan untuk menghemat kertas dan juga agar dokumen tersebut bisa dibawa kemana saja tanpa ribet.

Apalagi, di masa pandemi seperti sekarang ini, tanda tangan digital sangat dibutuhkan untuk menandatangani kontrak kerja perusahaan lain. Membuat sebuah tanda tangan digital sebenarnya sangat mudah.

Ada beberapa cara yang bisa kamu tiru untuk membuat sebuah tanda tangan dalam bentuk digital. Nah, apa sajakah itu? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Situs Online Signature

cara bikin tanda tangan digital di android

Cara pertama yang paling mudah untuk membuat sebuah tanda tangan ini ialah dengan menggunakan sebuah situs online. Sebenarnya, ada banyak situs yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat sebuah tanda tangan.

Namun, jika kamu memilih cara yang paling mudah maka situs online signature merupakan pilihan yang tepat. Nah, bagaimana cara membuat sebuah tanda tangan digital lewat situs online signature? Berikut pembahasannya.

  • Buka situs online signature

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah dengan membuka peramban yang ada di PC atau laptop kamu. Setelah itu, cari situs signature yang akan kamu gunakan untuk membuat sebuah tanda tangan digital.

  • Klik “Draw Signature”

Jika kamu sudah berhasil membuka situs tersebut, langkah berikutnya ialah dengan klik “Draw Signature” yang berada di sebelah pojok kanan atas.

  • Gambar tanda tanganmu

Kemudian akan muncul sebuah kolom yang bisa kamu gunakan untuk membuat tanda tanganmu. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, kamu bisa menggunakan mouse. Namun, kamu juga bisa menggunakan touchpad apabila dirasa lebih nyaman.

  • Simpan tanda tanganmu

Nah, apabila tanda tanganmu sudah selesai dibuat, maka langkah berikutnya ialah dengan menyimpan tanda tangan tersebut. Klik tombol “save” untuk menyimpan tanda tangan atau “clear” untuk menghapus tanda tangan tersebut.

Jika kamu meng-klik tombol save, maka akan muncul “Download Signature”. Sistem akan melakukan download otomatis dan tanda tangan bisa langsung digunakan.

  • Tanda tangan digital siap untuk digunakan

Tanda tangan tersebut siap untuk kamu gunakan. Cara menggunakannya pun sangat mudah, kamu tinggal menempelkan tanda tangan tersebut di halaman yang tersedia. Mudah bukan? Bahkan kamu bisa membuatnya di laptop.

Baca Juga : Cara Membuat Power Point

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Lewat Android

Ternyata, untuk membuat sebuah tanda tangan digital kamu tidak hanya bisa membuatnya di laptop ataupun PC. Tanda tangan ini dapat dibuat dengan mudah lewat android yang kamu miliki.

Tentu, membuat sebuah tanda tangan  di android sangatlah mudah. Kamu hanya butuh sebuah aplikasi khusus untuk membuat tanda tangan tersebut. Nah, aplikasi yang satu ini bernama Adobe Fill & Sign. Lalu, bagaimana cara membuatnya?

1. Download Adobe Fill & Sign

cara membuat tanda tangan digital word

Langkah pertama, download aplikasi Adobe Fill & Sign terlebih dahulu. Untuk bisa mengunduhnya, kamu dapat membuat Google Play Store terlebih dahulu.

Kemudian, cari aplikasi Adobe Fill & Sign dan download. Tunggu beberapa saat hingga proses download selesai. Setelah itu, install aplikasi tersebut pada ponsel kamu.

2. Klik tombol pena lalu pilih menu “Create Signature”

Apabila proses instalasi sudah selesai, maka langkah selanjutnya ialah dengan membuka aplikasi tersebut. Selanjutnya, pilih tombol pena yang berada kanan atas layar.

Akan muncul dua pilihan yang bisa kamu pilih, yakni “Create Signature” serta “Create Initials”. Jika kamu ingin membuat tanda tangan, maka klik pilihan ‘Create Signature”.

Sama seperti membuat tanda tangan pada PC, tersedia sebuah kolom kosong yang bisa kamu gunakan untuk membubuhkan tanda tangan.

Jika pada PC kamu harus menggunakan mouse atau touchpad, dengan smartphone kamu hanya menyentuh layarnya saja. Tentunya, responsivitas layar Hp ini sangat membantu kamu membuat tanda tangan digital dengan mudah dan cepat.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Aktivasi Microsoft Office 2016

3. Pilihlah dokumen untuk ditanda tangani

Berikutnya, pilih dokumen yang akan kamu tanda tangani. Untuk bisa memunculkan dokumen tersebut, pilih menu “Select a form to fill out”. Kemudian, muncul tiga pilihan yang harus pilih yaitu “From The Photo Library”, “From PDF File” serta “Take a picture”.

Pilih salah satu yang akan kamu gunakan untuk mengakses dokumen dengan mudah. Kamu bisa memilih opsi pertama jika dokumen yang kamu miliki berupa gambar, opsi kedua jika dokumen berupa PDF serta opsi terakhir jika ingin memotret dokumen.

Apapun yang kamu pilih, kamu akan langsung ke laman editor yang mana bisa melakukan modifikasi dengan mudah. Kamu akan disuruh mengisi identitas seperti nama, alamat dan sebagainya.

Jika ingin menambahkan tanda tangan, kamu tinggal klik logo pena yang berada di bagian kanan atas layar, serta klik sekali lagi di bagian tanda tangan yang telah dibuat.

Setelah itu, atur tanda tangan sesuai dengan posisi yang kamu inginkan. Biasanya, tanda tangan berada di bagian pojok kanan bawah atau pojok kiri bawah. Tak hanya itu, bahkan kamu juga bisa dengan mudah mengatur ukuran tanda tangan tersebut hanya menggunakan sentuhan jari.

Bagaimana? Sangat mudah bukan membuat tanda tangan dengan menggunakan aplikasi yang satu ini? Nah, bagi kamu yang membutuhkan tanda tangan digital, aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk kamu miliki.

Kamu Wajib Tahu : Cara Print Bolak Balik

Cara Tanda Tangan Di Word

tutorial bikin ttd digital bardcode

Siapa sangka jika kamu bisa dengan mudah membuat sebuah tanda tangan di Microsoft Word. Word telah menambahkan fitur yang bisa kamu gunakan untuk membuat tanda tangan di dalamnya.

Jadi, jika kamu sedang membuat dokumen atau file lain menggunakan Ms. Word, maka kamu tidak perlu bingung dan repot lagi. Hanya dengan menggunakan fitur tanda tangan di software ini, pembuatan tanda tangan tentu menjadi lebih mudah dan cepat.

1. Cara Pertama

Lalu, bagaimana membuat sebuah tanda tangan di Ms. Word? Yuk, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

  • Buka dokumen pada Ms.Word yang akan diberikan tanda tangan.
  • Letakkan kursor pada bagian yang ingin diberi tanda tangan.
  • Klik tab Insert, kemudian pindahkan kursor ke bagian Teks serta pilihlah Signature Line.
  • Langkah berikutnya, klik Microsoft Office Signature Line. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Signature Setup.
  • Masukkanlah beberapa data yang dibutuhkan seperti nama dari penanda tangan, alamat email, jabatan serta instruksi lebih lanjut. Baru setelah itu, centang kotak apabila diperlukan. Klik OK.
  • Pada sebelah kanan tanda tangan, klik kanan lalu ketik namamu atau kamu juga bisa unggah gambar tanda tangan.

Di atas merupakan cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat tanda tangan di Word dengan mudah. Tentu saja, cara membuat tanda tangan digital tak cukup sampai disitu saja. Masih ada cara lain yang bisa langsung kamu praktekkan.

2. Cara Kedua

cara membuat tanda tangan digital di laptop

Berikut ini cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membuat tanda tangan di Word dengan mudah dan cepat.

  1. Siapkan selembar kertas putih dan buat tanda tangan di atasnya.
  2. Scan tanda tangan tersebut ke dalam perangkat komputer kamu. Kamu bisa menyimpan tanda tangan dengan menggunakan format .JPG, .PNG, .GIF ataupun .BMP.
  3. Berikutnya, untuk memasukkan tanda tangan tersebut ke dalam dokumen, bukalah file gambar dengan cara mengklik tab Insert lalu pilih Picture.
  4. Klik gambar tersebut lalu edit dengan menggunakan tab Picture Tools Format.
  5. Jika proses sudah selesai dilakukan, klik kanan gambar kemudian klik Save As Picture.
  6. Nah, kapan saja kamu membutuhkan tanda tangan tersebut, kamu tinggal klik saja Insert lalu pilih Picture. Cari gambar yang ingin kamu edit. Seret dan lepas gambar tanda tangan tersebut di tempat yang kamu inginkan.

3. Cara Ketiga

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah tanda tangan ialah sebagai berikut:

  1. Buat tanda tangan di atas kertas putih dengan menggunakan bolpoin warna hitam.
  2. Foto tanda tangan yang telah kamu buat, lalu pindahkan ke laptop atau komputer.
  3. Langkah berikutnya, bukalah Microsoft Word serta tempatkan kursor pada bagian yang ingin kamu beri tanda tangan. Klik Insert setelah itu pilih Picture.
  4. Apabila tanda tangan sudah masuk ke dalam dokumen, atur posisi dan juga ukuran dari tanda tangan tersebut. Kamu bisa dengan mudah melakukan “Cropping” mengecilkan ataupun membesarkan tanda tangan tersebut dengan menggunakan fitur yang ada di Ms. Word.
  5. Samakan warna dari background tanda tangan dengan halaman Caranya, klik kanan pada gambar, lalu pilih “Format Picture”, klik “logo Picture” pilihlah “Picture Color” kemudian pilih ‘Recolor”.
  6. Muncul beberapa warna. Pilih warna “White 50%” dan “Black 50%”.

4. Cara Keempat

tips bikin tanda tangan digital PNG

Selain dengan menggunakan cara tersebut, ternyata kamu juga bisa membuat tanda tangan digital lewat Paint. Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan sangat mudah dan cepat. Penasaran? Yuk, intip saja langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Buka program “Paint” yang ada di perangkat komputermu.
  2. Di bagian “Ribbon”, pilihlah ‘Brush”. Pilih kuas dengan jenis “Brush”.
  3. Buatlah tanda tangan kamu secara perlahan.
  4. Apabila sudah selesai membuat tanda tangan, pilih “Select” lalu klik Ctrl+C untuk meng-copy tanda tangan tersebut. Klik Ctrl+V untuk menempatkannya pada dokumen yang ingin kamu isi tanda tangan. Posisikan pada tempat yang kamu inginkan dan atur ukurannya.

Ternyata, Ms. Word juga menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk menambahkan garis pada dokumen tersebut. Cara menambahkan garis tanda tangan pada Word pun sangat mudah. Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pindahkan kursor pada bagian yang ingin kamu tambah garis tanda tangan lalu klik kiri.
  2. Pilihlah Insert kemudian Signature Line. Selanjutnya, akan muncul kotak dialog.
  3. Pilihlah opsi yang kamu butuhkan. Klik OK.

Nah, di atas merupakan cara membuat tanda tangan digital yang bisa kamu pilih. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat sebuah tanda tangan dengan mudah dan cepat.

Baca Ini Juga : Cara Menghapus Halaman PDF

Jika kamu ingin membuat tanda tangan lewat situs online, maka kamu butuh jaringan internet agar bisa membuatnya dengan mudah. Akan tetapi, jika ingin membuatnya menjadi lebih mudah dan praktis, kamu bisa membuka dokumen Word dan membuatnya langsung.

Ms. Word telah menyediakan fitur khusus yang bisa digunakan untuk membuat tanda tangan digital menjadi lebih mudah dan cepat.

Leave a Comment