4 Cara Ubah JPG ke PNG Tanpa Ribet Untuk Pemula

Urusan file memang terkadang membuat kita pusing kepala. Apalagi kalau ceritanya sudah mengubah ekstensi file JPG menjadi file PNG. Kalau tidak benar-benar sering melakukannya bisa jadi Kamu juga akan kesusahan dalam melakukan hal itu. Sayangnya tipe file jpeg itu tidak support dengan beberapa jenis website. Namun jangan kuatir sebab selalu ada jalan ubah JPG ke PNG.

Tutorial Ubah JPG ke PNG Melalui Berbagai Platform

Kamu tidak perlu cemas, bingung untuk mengubah foto dari JPG ke PNG karena berikut merupakan beberapa pilihan yang bisa dipilih. Baik itu pengguna iPhone, Android, PC/laptop, semuanya ada lengkap dengan step by stepnya.

1. Khusus Pengguna iPhone

ubah jpg ke png di iphone

Secara garis besar Kamu bisa saja mengubah JPG ke PNG melalui iPhone. Tapi disini kami tidak hanya membutuhkan iPhone saja Kamu akan tetap membutuhkan software tambahan yang mana akan membantu untuk melakukan konversi. Beberapa software tersebut sudah dapat didownload langsung melalui App store.

Salah satu dari software tersebut adalah ‘image file converter’ aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan langsung oleh pihak Apple demi membantu para penggunanya. Ini tidak hanya bisa digunakan di iPhone namun juga dapat digunakan melalui MAC dan iPad. Meski menyediakan fitur premium, software ini juga melayani Kamu yang tidak membutuhkan fitur tambahan dari software tersebut.

Artikel Menarik : Cara Membuat QR Code

Cara Menggunakan

  • Pertama-tama Kamu perlu mendownload software tersebut melalui App Store.
  • Setelah itu buka software, lalu pilih Kamu ingin mengambil gambar secara langsung melalui kamera atau mengambil gambar yang sudah ada.
  • Jika Kamu memilih mengambil gambar melalui kamera maka tinggal klik gambar kamera di antarmuka aplikasi.
  • Setelah itu kamera akan terbuka dan Kamu tinggal mengambil foto.
  • Kemudian Kamu akan diberi pilihan untuk menyimpan gambar tersebut dalam bentuk JPG ataupun PNG.
  • Tentu saja kalau dibilang mudah cara ini sangat mudah dan simple. Kamu bahkan tidak perlu repot-repot membuka website ataupun hal lainnya untuk mengubah gambar tersebut.

Apabila Kamu ingin menggunakan gambar yang sudah ada caranya tidaklah berbeda, Kamu hanya perlu membuka gambar file yang ada di antarmuka aplikasi saat pertama masuk. Setelah itu cari gambar yang ingin Kamu ubah. Buka, kemudian simpan gambar sebagai PNG atau JPG.

Tidak semua aplikasi mampu melakukan hal ini, kalau mau dilihat,  kecepatan konsernya juga sangat cepat. Hal ini membuktikan bahwa apel tidak main-main dalam melakukan pengembangan software. Aplikasi ini saat ini juga sudah dapat didownload melalui iOS 14. Melalui iOS yang baru aplikasi ini telah disempurnakan untuk bisa bekerja lebih efisien.

2. Khusus Pengguna Android

ubah jpg ke png di picsart

Kamu yang menggunakan Android Kamu juga tidak perlu bingung. ada beberapa tools yang dapat Kamu gunakan untuk mengubah file JPG ke PNG di Android. Bentuk salah satu yang paling terkenal adalah PicsArt software ini merupakan salah satu software yang paling banyak digunakan. Sebenarnya fungsi utamanya adalah untuk mengedit foto ataupun membuat desain grafis seperti logo.

Jika Kamu ingin menggunakan PicsArt maka pertama tentu Kamu harus mendownloadnya dulu di play store. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan tempat download yang kredibel. Tentu saja hal itu diperlukan demi kepentingan Kamu sendiri.

Cara Pertama

  • Setelah mendownload PicsArt Kamu harus membukanya terlebih dahulu.
  • Kemudian Kamu buka file yang ingin Kamu simpan sebagai PNG.
  • Setelah itu ketuk tombol Save AS, lantas pilih PNG sebagai jenis filenya.

Kekurangan dari cara ini adalah aplikasi PicsArt cukup besar ukurannya. jadi secara tidak langsung Kamu harus melakukan download pada file yang cukup besar. Apabila Kamu membutuhkannya secara cepat maka cara ini mungkin tidak begitu cocok.

Cara Kedua

  • Download terlebih dahulu Image Converter Pro di PlayStore.
  • Setelah Kamu mendownload aplikasi tersebut buka, lantas langsung saja cari file yang ingin Kamu convert menjadi PNG.
  • Setelah itu klik convert to PNG kemungkinan waktu yang digunakan hanya memakan waktu sekitar 1 menit atau bisa lebih cepat tergantung dari spesifikasi ponsel Kamu.
  • Selain cara ini lebih cepat dan mudah cara ini juga hanya memerlukan software yang tidak begitu besar.

Dengan kata lain Kamu akan menghemat data Kamu dalam melakukan download aplikasi. Yang jelas, kedua cara tersebut merupakan hal yang sama saja tujuannya. Jadi cara pertama akan lebih menguntungkan apabila Kamu sudah memiliki PicsArt sebelumnya.  Tapi jika belum maka cara kedua akan jauh lebih mudah untuk Kamu lakukan.

Kamu Wajib Baca : Cara Menggabungkan Video Secara Online

3. Ubah Melalui Website

ubah jpg ke png transparan

Kalau salah yang satu ini maka Kamu harus punya koneksi internet yang terhubung dengan device. Sebab cara ini merupakan cara ubah JPG ke PNG dengan metode website (online). Adapun caranya akan dijelaskan berikut ini hingga detail.

Langkah Mengubah

  • Pertama-tama Kamu harus membuka browser Kamu langsung saja menuju ke convert JPG to PNG.com.
  • Setelah itu Kamu tinggal mengupload file pilihan Kamu lantas convert menjadi tipe PNG.
  • Jika proses convert selesai Kamu harus mendownload file tersebut kembali.
  • Apabila tidak, caranya tidak akan berhasil.

Kalau memang Kamu tidak suka cara-cara lain seperti harus mendownload aplikasi maka cara ini adalah cara yang paling pas. Selain prosesnya cepat server jaringan tersebut juga yang cukup kuat sehingga Kamu tidak perlu menunggu lama untuk membuka website tersebut.

Pro dan Kontra

Sayangnya tidak semua orang memiliki koneksi internet. Apalagi jika gambar yang di-upload cukup besar maka itu akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan cara lain. Yang jelas cara manapun akan memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.

Kalau Kamu pernah berada di suatu tempat dan tidak memiliki koneksi internet maka mungkin cara ini akan kurang cocok untuk dilakukan. Terlebih lagi ukuran file yang akan di-upload juga bermacam-macam. Jika Kamu perlu mengconvert 10 gambar atau lebih maka akan lebih baik jika Kamu menggunakan aplikasi.

Memang jika menggunakan website akan jauh lebih cepat dan sederhana prosesnya, tapi jika harus mengupload 10 gambar dan ukurannya sangat besar kemungkinan Kamu akan menunggu terlalu lama.

Sebuah cara tentu akan bagus dan direkomendasikan jika itu sesuai dengan keadaan orang tersebut. Kalau tidak maka lebih baik cari cara lain yang lebih efektif.

Penting Untuk Kamu Tau : Cara Menghapus Chromium

4. Ubah JPG ke PNG Pakai Komputer

cara ubah jpg ke png secara online

Kalau Kamu ingin mengubahnya melalui komputer maka Kamu harus bicara soal sistem operasi yang digunakan. saat ini ada beberapa sistem operasi yang memang digunakan oleh banyak orang pertama adalah Windows, Linux, Mac OS. Kamu bisa saja mengubah file tersebut melalui ketika sistem operasi tersebut namun cara yang digunakan akan berbeda.

Langkah Mengubah

Jika Kamu menggunakan Windows maka ada beberapa software yang mungkin akan Kamu butuhkan seperti Xnview, Windows 10, paint 3D atau Adobe Photoshop. Jika Kamu memiliki salah satu file tersebut maka Kamu tidak perlu khawatir dan bersusah payah untuk melakukan convert.

  • Pertama-tama buka salah satu software yang ada di atas, kemudian langsung saja buka file yang ingin Kamu ubah menjadi PNG.
  • Setelah file terbuka Kamu klik bagian save as setelah itu pilih PNG sebagai jenis filenya.
  • Cara ini tentunya tergolong mudah bagi pemula minus karena kebanyakan software yang ada di Windows sudah support file type PNG.

Khusus Pengguna Linux

Akan tetapi, akan berbeda cerita apabila Kamu memiliki Linux. Pada Linux Kamu tidak bisa menginstal Adobe ataupun Ms Paint secara langsung. Jadi akan Kamu gunakan adalah beberapa software alternatif yakni GIMP atau Image Converter. Setelah Kamu punya salah satu dari kedua software tersebut caranya kurang lebih sama.

Untuk image converter, Kamu hanya perlu membuka file yang ingin Kamu convert lantas click convert to PNG. Setelah itu file tersebut akan langsung berubah menjadi tipe PNG. Untuk aplikasi GIMP caranya sama persis dengan menggunakan Photoshop. Sebab, pada dasarnya memang GIMP adalah sebuah photo editor.

Biasanya pengubahan ini diperlukan apabila Kamu menginginkan sebuah gambar yang transparan. Tipe file PNG akan sangat berguna jika Kamu ingin membuat logo untuk website ataupun barang. Tentunya sebuah lagu harus memiliki dragon yang menyatu dengan background aslinya.

Hal ini terkadang menjadi polemik ketika background yang ada pada logo dan background yang ada pada produk tidak memiliki warna yang sama. Nah untuk mengatasi hal tersebut tentu saja Kamu harus menghilangkan background dari logo yang mana menggunakan tipe file PNG.

Baca Juga : Penyebab Flash Disk Tidak Terbaca

Pro dan Kontra File PNG di Komputer

langkah mengubah jpg ke png secara online

Dapat dikatakan file PNG akan membuat gambar Kamu punya background transparan. Jadi Kamu tidak perlu memikirkan tentang menyatu atau tidaknya logo pada background produk. Sebab dengan cara ini logo pasti akan menyatu. Metode ini juga sangat sering digunakan pada pembuatan stiker. Sebuah stiker yang akan dipasang di mobil tentu harus memiliki background yang sama dan tidak kontras berbeda.

GIMP sendiri merupakan salah satu file yang paling banyak digunakan untuk membangun sebuah website. jadi secara tidak langsung komputer anda telah memiliki kapasitas untuk membaca sebuah file PNG dan menayangkannya dengan baik.

Secara kasat mata file PNG dan JPEG mungkin tidak terlihat berbeda pada praktek non-edit. Tapi, jika sudah urusan web developer maka beda soal. Kemungkinan besar file PNG lah yang akan dipilih untuk menjadi bagian dari website tersebut. Tentu saja sebuah logo akan terasa aneh apabila terlihat terpisah dari background asli.

Hal ini disoroti oleh para web developer dan mengubah jenis filenya menjadi lebih bersahabat. Di mata anda sebuah perbedaan warna mungkin akan terlihat sangat mencolok. Tapi bagi mesin, sistem, komputer atau benda digital lainya perbedaan warnanya soal setting dan jenis file.

Dari situlah awal mula terciptanya file “.PNG”. saat ini file PNG sudah menjadi salah satu file paling dominan dalam pembangunan website-website besar. Walaupun file.JPG juga masih digunakan dalam beberapa web, tapi urusan logo tentu saja file PNG merupakan salah satu file paling ideal untuk sebuah logo.

Kesimpulan

Itulah tadi cara ubah JPG ke PNG. Anda sendiri yang dapat menilai mana cara terbaik dan termudah. Sebab segala cara hanya dapat disesuaikan dengan keadaan orang tersebut. Jika memungkinkan maka pilihan untuk mengubah hanya melalui web adalah pilihan yang paling sederhana.

Namun hal tersebut juga bisa menjadi pilihan yang tidak mungkin dilakukan apabila anda tidak memiliki koneksi internet. Hal yang terpenting, jelas file .PNG memang punya kegunaan yang cukup banyak dan kemungkinan Anda juga akan membutuhkannya suatu saat nanti. Apalagi jika Kamu merupakan seorang web developer yang seringkali punya project untuk membuat website.

Leave a Comment