5 Cara Menghapus Chromium Terbaru (Simpel dan Gak Ribet)

Mungkin dari kalian ada yang bertanya-tanya, bagaimana sih cara menghapus Chromium dari laptop/ komputer? Padahal kamu sudah coba uninstall, tapi anehnya kok Chromium-nya masih belum hilang juga, ya?

Sebelum mulai lebih dalam, perlu kalian ketahui untuk menghapus Chromium ternyata dapat dilakukan dengan banyak cara, lho. Bisa melalui fitur uninstall windows, aplikasi IObit Uninstaller, aplikasi Regedit, Mac OS bahkan bisa juga langsung dari Google Chrome.

Apa itu Chromium?

Mendengar kata Chromium pasti kamu samar-samar terdengar dengan nama aplikasi Google Chrome, kan? Meskipun begitu Chromium dan Google Chrome sebenarnya berbeda, meskipun fungsi dan kegunaannya dapat dikatakan hampir sama.

Perbedaan yang paling menonjol dari Chromium dan Google Chrome terletak pada ikon masing-masing. Chromium mempunyai ikon berwarna biru pucat, sedangkan ikon Chrome berwarna perpaduan hijau, merah dan kuning terang.

Chromium adalah web browser yang berbasis open source. Karena memiliki sifat open source maka dari itu Chromium dapat digunakan oleh beberapa platform; seperti Windows, iOS bahkan hingga Android.

langkah menghapus virus chromium

Sebenarnya Chromium bukanlah sebuah virus yang menjangkit laptop/komputer kalian, hanya saja karena sifatnya yang open source, sehingga terdapat beberapa versi yang mengandung Malware di dalamnya.

Malware sendiri adalah sebuah software yang dibuat secara sengaja untuk merusak dan menyusup piranti sistem komputer. Oleh sebab itu, Malware harus segera dihilangkan dari komputer kamu untuk menghindari terjadinya kerusakan.

Artikel Menarik : Cara Membuat QR Code

Hapus Chromium dengan Fitur Uninstall Windows

Chromium sebagai browser web, dapat langsung dihapus dengan fitur uninstall windows. Di sini penulis memberikan contoh melalui Windows 10. Caranya sangat mudah, dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Langkah 1. Ketik di kolom pencarian dengan keyword Control Panel, setelah itu kamu bisa langsung klik ikon Control Panel yang telah muncul.

langkah uninstall chromium berbahaya

Langkah 2. Setelah kamu klik Control Panel, akan langsung terbuka beberapa pilihan program. Cari dan klik program bernama Uninstall a program. Biasanya terletak di pojok kiri bawah.

teknik menghapus chromium webdiscover

Langkah 3. Setelah menu uninstall a program terbuka, di sini kamu tinggal memilih software Chromium, lalu klik kiri sebanyak 2 kali hingga muncul pemberitahuan. Centang kolom yang tersedia lalu pilih Uninstall. Tunggu beberapa saat, dan yes Chromium akan menghilang.

tips menghapus chromium yang tidak bisa dihapus

Note: Uninstall Chromium melalui fitur di atas, hanya bersifat menghilangkan Chromiumnya saja, belum termasuk data yang dibawanya.

Oleh sebab itu, untuk menghapus secara full kamu bisa ikuti langkah-langkah ini:

Langkah 1. Buka File Explorer, lalu klik menu “View” yang berada di bagian atas. Maka akan muncul banyak pilihan. Cari dan centang pilihan “Hidden items” tersebut. Maka dari itu file-file tersembunyi yang ada di komputer kamu akan terlihat semuanya.

trik menghapus chromium adalah

Langkah 2. Selanjutnya, kamu buka Local Disk (C) dan pilih folder “Users”. Selanjutnya pada folder “Users” tersebut akan ada folder “User”, kemudian buka folder “User” tersebut. Buka folder User tersebut dan pilih folder “App data”, lalu masuk ke folder “Local”.

cara menghapus chromium dengan webdiscover

Langkah 3. Langkah terakhir, setelah kamu masuk ke folder “Local”, cari Folder “Chromium” dan klik kanan folder tersebut untuk kalian hapus.

cara deleted chromium virus

Note: Untuk mengetahui langkah-langkah yang sudah kamu lakukan itu benar, kamu dapat melihat riwayat folder yang terbuka seperti gambar yang sudah penulis lingkari di atas.

Cara Menghapus Chromium dengan IObit Uninstaller

Apa itu IObit Uninstaller? IObit Uninstaller adalah sebuah software yang fungsinya adalah untuk menghapus program secara bersih, tanpa meninggalkan data-data yang masih tersisa.

Software ini merupakan cara cepat apabila kamu ingin menghapus program-program yang ada di komputer. Termasuk salah satunya adalah Chromium.

Kamu Wajib Baca : Cara Mengatur Ukuran Kertas A3

Apabila di komputer kamu belum tersedia IObit Uninstaller, kamu bisa download dan install terlebih dahulu di website. Tenang aja, download-nya gratis, kok!

Untuk menghapus Chromium, kamu dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Langkah 1. Buka software IObit Uninstaller yang sudah terinstall. Selanjutnya, pada kolom search, ketik Chromium.

apa itu menghapus chromium

Langkah 2. Software Chromium akan terlihat. Lalu centang kolom Chromium dan selanjutnya klik pilihan Uninstall yang ada di bagian kanan atas.

cara menghapus virus chromium

Langkah 3. Selanjutnya, setelah kamu klik Uninstall akan muncul tampilan dua pilihan terlebih dahulu, yakni restore point dan remove residual files. Untuk menghapus secara permanen, penulis sarankan kamu cuman pilih yang remove residual files, ya! Setelah itu klik Uninstall.

cara menghapus iobit uninstaller chromium

Langkah 4. Kamu tinggal tunggu proses Uninstall Chromium hingga selesai. Namun, apabila tiba-tiba muncul notifikasi, kamu tinggal centang kolom tersebut dan klik Uninstall kembali.

cara deleted chromium virus

Langkah 5. Selesai. Chromium sudah terhapus secara bersih di laptop/komputer kamu.

Penting Untuk Kamu Tau : Cara Menghapus Watermark Filmora

Menghapus Chromium dengan Regedit

Regedit atau kepanjangan dari Registry Editor merupakan sebuah software yang sudah berada di laptop/komputer kalian masing-masing. Software ini berfungsi untuk menghilangkan secara permanen software ataupun aplikasi yang ada di laptop/komputer.

Cara penggunaannya sangat simple. Kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1. Pada tampilan awal desktop, klik tombol search dan langsung saja ketik keyword Registry Editor. Ikon Registry Editor tersebut langsung saja kamu klik untuk membukanya.

cara menghapus iobit uninstaller chromium

Langkah 2. Selanjutnya, kamu akan melihat tampilan Registry Editor. Di sini, pilih dan klik folder dengan nama “HKEY_CURRENT_USER”. Maka akan muncul banyak folder. Lalu silahkan Scroll down sampai kamu menemukan folder “Chromium”.

trik menghapus chromium adalah

Langkah 3. Setelah kamu klik folder “Software”, scroll down ke bawah lagi sampai kamu menemukan folder “Chromium”. Selanjutnya, klik kanan folder “Chromium” dan pilih delete. Maka akan muncul notifikasi dan langkah terakhir tinggal kamu klik Yes. Selesai.

tips menghapus chromium adalah

Baca Juga : Penyebab Flash Disk Tidak Terbaca

Cara Hapus Chromium Melalui Mac OS

Bagi kamu pengguna Macbook, tentu mempunyai cara tersendiri untuk menghapus Chromium. Menghapus Chromium di Mac OS sama mudahnya dengan menghapus Chromium melalui software-software di atas. Nah, maka dari itu Ikuti langkah-langkah di bawah ini yaa:

Langkah 1. Pada tampilan awal desktop, apabila kamu masih membuka software Chromium, tutup terlebih dahulu dengan cara klik quit Chromium.

tutorial menghapus chromium adalah

Langkah 2. Tutup semua aplikasi maupun software yang berkaitan dengan Chromium. Caranya yakni dengan buka terlebih dahulu fitur Activity Monitor. Selanjutnya klik ikon Chromium lalu klik ikon X yang berada di bagian kiri atas untuk menutup tampilan.

teknik menghapus chromium webdiscover

Langkah 3. Pergi ke fitur Finder, lalu klik Applications Folder dan selanjutnya cari ikon Chromium. Klik ikon tersebut untuk menghapus dengan cara pilih option Move to Bin. Selesai.

langkah menghapus virus chromium

Note: Setiap jenis Mac seperti Mac OS X dan Mac OS R kurang lebih memiliki cara yang hampir sama. Kamu bisa ikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, ya!

Menghapus Chromium dengan Google Chrome

Chromium yang mengandung Malware bisa juga dihapus melalui Google Chrome itu sendiri. Menghapus Chromium dengan Google Chrome berarti membersihkan alamat website yang mencurigakan.

Alamat website yang mencurigakan tersebut biasanya terdapat Malware di dalamnya.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghapus Chromium dengan Google Chrome:

Langkah 1. Buka Google Chrome yang sudah ter-install dan masuk ke menu settings.

tutorial menghapus chromium adalah

Langkah 2. Setelah masuk ke menu Settings, pilih menu “On startup” lalu klik “Open a specific page”.

cara menghapus chromium yang berbahaya

Langkah 3. Hapus alamat website yang kamu inginkan. Caranya dengan klik simbol tiga titik lalu pilih “Remove”.

apa itu menghapus chromium

Langkah 4. Masukkan alamat website yang kamu inginkan. Misalnya, yang paling simpel, yakni Google. Lalu klik “Add”.

cara menghapus chromium adalah

Langkah 5. Selanjutnya, buka menu “Settings” lagi, kemudian pilih menu “Manage Search Engine”. Di menu ini kamu akan melihat banyak alamat website, lalu hapus alamat website tersebut yang dirasa mencurigakan.

teknik uninstall virus chromium

Langkah 6. Menuju ke langkah terakhir, buka menu “Settings” lagi, lalu pilih menu “Advanced” -> “Reset and clean-up” -> klik “Restore settings” lalu akan muncul pop up seperti di gambar, kemudian terakhir klik “Reset settings”. Selesai.

tutorial menghapus chromium adalah

Apakah Menghapus Chromium dapat Menghilangkan Malware?

cara menghapus chromium yang tidak bisa dihapus

Jawaban dari pertanyaan tersebut, adalah yes bisa. Namun dengan catatan, Malware yang ada di laptop/komputer kamu belum tersebar ke dalam sistem software lainnya.

Apabila Malware tersebut sudah menyebar, tentu akan susah menghapusnya. Diperlukan tindakan lain seperti scanning menggunakan software antivirus.

Software antivirus terdapat bermacam-macam yang bisa kamu dapatkan gratis dari internet. Seperti contohnya Avast, Smadav bahkan Windows Defender bawaan komputer kamu sendiri.

Menghapus Chromium karena takut komputer terserang oleh Malware merupakan tindakan antisipasi yang bisa kamu lakukan. Apakah Chromium itu berbahaya? Jawabannya iya, apabila Malware yang ada di Chromium sudah menyebar luas ke dalam sistem.

Terdapat banyak cara menghapus Chromium, baik dari software bawaan dari komputer, hingga memakai aplikasi dari pihak ketiga, semuanya bisa dilakukan secara cepat dan mudah.

Leave a Comment