Cara Print Bolak Balik Word, Excel atau PDF Dengan Mudah

Dalam berbagai keperluan, memang dibutuhkan mencetak dokumen atau file secara bolak-balik. Nah, untuk pembahasan kali ini, penulis akan memberikan tips dan tutorial untuk kalian tentang bagaimana cara print bolak balik.

Sebelum kita masuk ke pokok pembahasan bagaimana cara print bolak balik, alangkah baiknya kalian mengetahui tentang spesifikasi printer yang digunakan. Apakah mendukung untuk mencetak dokumen dua sisi secara otomatis atau tidak.

Kemampuan khusus printer ini dinamakan duplex printing, yang memungkinkan kalian bisa mencetak dua sisi bersamaan secara otomatis baik menggunakan laptop/PC Windows maupun Macbook. Namun bagaimana jika ternyata printer yang digunakan tidak ada fitur duplex printing?

Jika printer kalian tidak mempunyai fitur duplex printing, yang harus kalian lakukan adalah ngeprint dua sisi secara manual. Bagaimana caranya? Berikut adalah tutorial print bolak-balik, baik secara manual maupun otomatis.

Mengenal Duplex Printing

tips cetak bolak balik di canon

Arti dari duplex printing sebenarnya cukup sederhana, yaitu mencetak sebuah dokumen ke dalam dua sisi kertas. Duplex printing sendiri, seperti yang sedikit disinggung diatas, adalah sebuah fitur dalam printer yang fungsinya untuk mencetak dokumen bolak-balik.

Pada dasarnya, semua printer memiliki fitur yang membantu untuk ngeprint bolak-balik secara manual. Namun, untuk melakukan manual duplex printing, tentunya akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Apalagi jika dokumen yang dicetak dalam jumlah yang besar.

Saat ini tentunya sudah banyak printer yang mempunyai fitur duplex printing, dengan harga yang bervariasi, tinggal kalian tentukan sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kalian miliki.

Baca Juga : Cara Membuat Power Point

Beberapa Jenis Printer Bolak-Balik

Nah, untuk itu akan penulis rekomendasikan beberapa printer yang sudah mendukung fitur Auto Duplex Printing. Apa saja sih printer yang sudah mempunyai fitur duplex printing? Berikut beberapa rekomendasinya untuk kalian :

1. Canon Pixma TR4570S

teknik cetak bolak balik di epson

Perlu kalian ketahui printer ini termasuk ke dalam kategori printer all in one besutan dari Canon, namun untuk pembelian unit baru kalian akan tetap dibekali juga dengan kabel USB.

Salah satu fitur yang sangat berguna untuk kalian tentunya Auto Duplex Printing. Dengan adanya fitur ini, dapat dengan mudah membantu pekerjaan kalian baik skala kecil maupun skala besar.

2. Brother HL-L365DW

tips mencetak bolak balik agar persisi

Printer Brother HL-L365DW ini termasuk dalam kategori printer yang ngebut. Bagaimana tidak, printer ini bisa mencetak cepat hingga 30 PPM ( Page Per Minute – A4 Size). Canggihnya juga, printer ini juga sudah memiliki fitur WiFi loh.

Dan yang paling penting, printer ini sudah memiliki fitur Auto Duplex Printing, yang bisa juga menjadi pilihan kalian untuk membeli printer.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Convert Excel ke PDF

3. Epson L4160

tutorial ngeprint bolak balik PDF

Ada lagi nih rekomendasi printer yang bisa kalian pilih, yaitu Epson L4160. Hampir sama dengan kedua printer diatas, printer ini sudah termasuk jejeran printer canggih yang telah diluncurkan oleh Epson.

Selain itu, printer ini juga sudah didukung dengan koneksi nirkabel atau menggunakan jaringan WiFi, mendukung Auto Duplex printing yang bisa membuat kalian menghemat biaya kertas hingga 50%.

4. HP Officejet Pro 8710

langkah cetak bolak balik ppt

Printer all in one besutan dari HP ini merupakan printer handal berkapasitas besar dan multiguna. HP Officejet Pro 8710 yang cukup canggih ini tentunya juga akan membantu produktifitas kalian dalam bekerja.

Printer yang mempunyai berbagai macam fitur, dan tentunya didukung dengan Auto Duplex Printing, dengan koneksi nirkabel dan dengan menggunakan koneksi WiFi, printer ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan kalian loh.

Sebenarnya banyak printer yang sudah mendukung fitur Auto Duplex Printing. Alasan penulis memilih beberapa printer tersebut adalah, memiliki fitur yang cukup canggih namun dengan harga yang terjangkau, mulai dari 1 juta hingga 3 jutaan.

Sekali lagi, untuk printer apa yang akan kalian beli dan akan kalian gunakan sepenuhnya ada ditangan kalian, tergantung kebutuhan dan juga beban pekerjaan yang akan kalian kerjakan yaa

Kamu Wajib Tahu : Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Print Bolak-Balik Secara Otomatis

Setelah kalian paham apa itu duplex printing, sekarang mari kita masuk ke pokok pembahasan yang utama. Jika printer kalian sudah mendukung duplex printing secara otomatis, maka kalian bisa melakukan cara seperti contoh dibawah ini :

  • Langkah yang pertama, silahkan kalian buka dokumen yang akan kalian cetak.
  • Jika sudah silahkan buka menu print, lalu pada kotak dialog yang muncul, silahkan kalian klik print on both sides.

cara ngeprint bolak balik di epson

  • Jika sudah silahkan kalian klik “OK” kemudian lanjutkan proses pencetakan seperti biasa.
  • Cara ini sebenarnya sama saja antara Excel dan Word, hanya pada menu Excel silahkan kalian pilih Flip sheets on long edge.

cara mencetak bolak balik di macbook

Print Bolak-Balik Secara Manual

Untuk kalian yang saat ini belum mempunyai budget yang cukup untuk membeli printer yang sudah mendukung fitur duplex print otomatis, kalian ngga usah khawatir. Kalian bisa melakukan print bolak-balik secara manual seperti yang dicontohkan di bawah ini :

  • Masih dengan cara yang tidak jauh berbeda, silahkan kalian buka dokumen yang ingin kalian cetak.
  • Jika sudah silahkan silahkan kalian buka menu print atau kalian bisa menggunakan tombol CTRL + P.
  • Jika sudah muncul jendela dialog printer, silahkan kalian pilih opsi “Manually Print on Both Sides”.

langkah ngeprint bolak balik PDF

  • Perbedaannya adalah, jika nanti printer telah selesai mencetak halaman pertama, printer akan memberikan notifikasi yang muncul pada layer untuk segera membalikkan kertas. Pastikan kertas terpasang dengan benar agar presisi.
  • Jika terdapat beberapa lembar kertas, lakukan hal yang sama di kertas yang berikutnya.

Baca Ini Juga : Cara Menghapus Halaman PDF

Cara Print Bolak-Balik PDF

Cara print bolak bali PDF sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang lainnya, namun penulis rekomendasikan kepada kalian untuk membuka file PDF dengan menggunakan Adobe Reader, seperti yang akan penulis contohkan dibawah ini :

  • Silahkan kalian buka file PDF dengan menggunakan Adobe Reader, jika belum terinstall di laptop atau PC silahkan download Adobe Reader terlebih dahulu.
  • Jika sudah, silahkan buka menu print dengan cara klik File lalu pilih Print, atau kalian tekan CTRL + P.
  • Langkah selanjutnya, silahkan kalian pilih Booklet menu dan pilih opsi Both Sides.

cara ngeprint balik di canon

  • Jika sudah, silahkan kalian klik print. Maka secara otomatis file PDF kalian akan tercetak bolak-balik.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Nah begitulah tips untuk print bolak-balik anti ribet. Tentunya dengan beberapa tips dan langkah diatas kalian sudah tidak bingung lagi saat mau ngeprint bolak-balik.

Itu tadi cara print bolak balik, baik dokumen Word, Excel, dan PDF. Semoga tutorial diatas membantu, dan jangan lupa share ke teman kalian yang membutuhkan yaa. Selamat mencoba.

Leave a Comment