3 Cara Mengatur Ukuran Kertas A3

Ukuran kertas A3 adalah salah satu bentuk ukuran kertas yang saat ini beredar dan digunakan oleh berbagai banyak kalangan. Mulai dari desain grafis, arsitek hingga pelajar untuk keperluan pekerjaan dan sekolahnya.

Kalau kamu sering melihat bekas print dari tukang foto kopi, itu menggunakan kertas A4. Sedangkan ukuran kertas A3 sendiri adalah dua kali lebih besar dibanding ukuran kertas A4 tersebut. Jadi sudah bisa membayangkannya, kan?

Ukuran kertas A3 dalam inci adalah 11,69 x 16,54 inci, untuk ukuran dalam mm adalah 297 x 420 mm, sedangkan untuk ukuran cm adalah 29,7 x 42,0 cm.

Seiring berkembangnya teknologi, untuk mencetak satu kertas A3 kamu hanya butuh waktu 10 – 30 menit saja, loh! Say goodbye wasting time.

Perbedaan Kertas A3+ dengan A3

Perbedaan paling mendasar dari kertas A3+ dengan A3 adalah dari ukurannya. Cara untuk membedakannya adalah bahwa ukuran kertas A3+ sedikit lebih besar dibanding dengan ukuran kertas A3 standar.

Untuk lebih mudah memahaminya, kamu bisa melihat tabel perbandingannya di bawah ini:

Kertas

Rumus ukuran = tinggi x lebar (dalam satuan)

mm

cm

inci

A3 standar

297 X 420 mm

29,7 x 42,0 cm 11,69 x 16,54 inci
A3+ 329 x 483 mm 32,9 x 48,3 cm

13 x 19 inci

Bagi kamu yang menginginkan kertas A3, cukup menggabungkan dua buah kertas A4 menjadi satu. Namun, apabila kamu menginginkan kertas A3+ dengan menggabungkan dua buah kertas A4 maka hal itu tidak bisa dilakukan.

resize kertas A3 dalam inci

Perbedaan lain yang bisa kamu temukan pada kertas A3+ adalah kertas ini sudah support untuk digunakan di printer laser kelas bisnis, yang mana hal itu terjadi karena seiring majunya perkembangan teknologi.

Jenis kertas A3+ pun juga beragam, mulai dari jenis kertas HVS, Art Paper, Art Cartoon dan jenis kertas – kertas lainnya.

Artikel Menarik : Cara Mendownload Film di Laptop

Cara Mengatur Ukuran Kertas A3

1. Cara Mengatur di Ms. Word

Langkah 1. Buka aplikasi Ms. Word yang ada di komputer kamu, tunggu hingga muncul tampilan awalnya. Selanjutnya kamu pilih menu “New” dan klik option “Blank Document”.

mengubah size kertas A3 dalam pixel

Langkah 2. Setelah itu, kamu akan melihat work space dari pada Ms. Word itu sendiri. Selanjutnya pada bagian atas terdapat banyak pilihan menu, cari menu “Layout” lalu klik menu “Page Setup”.

resize kertas A3 dalam inci

Langkah 3. Saat ini kamu sudah berada di tampilan “Page Setup”, langkah selanjutnya adalah cari dan klik pada bagian atas yang bertuliskan menu “Paper”, maka akan terlihat menu “Paper Size”. Selanjutnya, scroll down sampai kamu menemukan pilihan kertas A3 dan pilih Ok.

ukuran kertas A3 di coreldraw

Langkah 4. Selesai. Tampilan work space kamu di Ms. Word sudah menjadi ukuran kertas A3.

Kamu Wajib Baca : Cara Mengatasi Laptop Lemot

2. Cara Mengatur di Coreldraw

Bagi kamu yang belum tahu, Coreldraw adalah sebuah software yang digunakan untuk kebutuhan desain grafis. Untuk mendapatkan software ini, kamu harus download terlebih dahulu dari internet atau membeli langsung software-nya secara legal.

Setelah Coreldraw terpasang di laptop, kamu tinggal ikuti langkah-langkah mudah dibawah ini untuk menjadikan kertas A3 sebagai work space pilihan kamu:

Langkah 1. Pada desktop, cari pada menu search lalu ketik Coreldraw. Tunggu hingga Coreldraw terbuka. Di sini penulis menggunakan Coreldraw 2018. Namun, buat kamu yang tidak memakai versi 2018 juga tidak perlu khawatir, karena setiap versi memiliki cara yang sama.

ukuran kertas A3 dalam pixel

Langkah 2. Tampilan awal di Coreldraw sudah terbuka, selanjutnya kamu klik “File” pada bagian kiri atas, lalu pilih option “New”. Atau cara lebih praktis kamu bisa langsung tekan Ctrl + N secara bersama-sama.

mengubah size kertas A3 di coreldraw

Langkah 3. Setelah itu, maka akan terbuka tampilan “Create a New Document”. Pada tampilan ini, kamu bisa memilih kertas A3 dengan cara mencarinya di bagian “Size”. Selanjutnya, tinggal klik Ok.

size kertas A3 dalam inci

Langkah 4. Proses selesai. Tampilan work space kamu di Coreldraw sudah menjadi ukuran kertas A3. Tampilan work space akan menjadi seperti di gambar ini:

mengubah size kertas A3 di coreldraw

Penting Untuk Kamu Tau : Cara Menghapus Watermark Filmora

3. Cara Mengatur di Ms. PowerPoint

Ms. PowerPoint sering ditujukan untuk kebutuhan seseorang melakukan presentasi, baik dari kalangan pelajar hingga pekerja. Kebutuhan kertas A3 di PowerPoint juga penting karena presentasi yang disajikan kebanyakan berbentuk desain grafis.

Sama seperti dengan Ms. Word, biasanya Ms. PowerPoint sudah terinstall di komputer kamu. Jadi tidak perlu ribet download di internet lagi, ya!

Untuk langkah – langkah di bawah ini, penulis memakai Ms. PowerPoint 2019 versi terbaru. Berikut cara untuk mengganti ukuran kertas A3 di Ms. PowerPoint:

Langkah 1. Sama seperti Ms. Word, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka Ms. PowerPoint. Setelah tampilan awal terbuka, klik ikon “New” lalu pilih “Blank Presentation”.

size kertas A3 di corel draw

Langkah 2. Setelah masuk ke tampilan work space dari Ms. PowerPoint. Pertama, pilih menu “Design”. Lalu, cari menu “Slide Size” maka akan muncul 2 pilihan, yakni Standart (4:3) dan Widescreen (16:9) serta opsi tambahan yakni “Custom Slide Size”. Klik opsi tambahan tersebut.

mengubah size kertas A3 dalam inci

Langkah 3. Sekarang kamu sudah berada di tampilan opsi “Custom Slide Size”. Selanjutnya klik menu “Slides sized for”. Di situ terdapat banyak pilihan ukuran kertas. Pilih sesuai dengan kebutuhan presentasi kamu. Lalu klik Ok dan yes finish.

resize kertas A3 di coreldraw

Note: Untuk PowerPoint versi sebelumnya, cara yang dipilih hampir sama. Yakni pada menu “Design”, pilih opsi “Page setup” yang berada di ujung kiri toolbar. Selanjutnya klik kustom untuk memilih ukuran kertas yang kamu inginkan.

Fungsi Kertas A3 dan A3+

Setiap ukuran kertas memiliki fungsinya masing-masing. Seperti halnya kertas A4 yang seringkali digunakan untuk kebutuhan pengerjaan tugas paper atau pun penulisan ilmiah lainnya. Kertas A3 dan A3+ tentu juga memiliki fungsi tersendiri. Fungsi dari kertas A3 adalah sebagai berikut:

1. Mencetak Foto/Gambar

ukuran kertas A3 di coreldraw

Karena ukurannya yang besar, maka kertas A3 banyak digunakan untuk kebutuhan mencetak sebuah foto atau gambar. Banyak orang mencetak foto menggunakan kertas A3 untuk ditempelkan di dalam rumah sebagai foto keluarga.

Baca Juga : Cara Mengganti Background Foto Online

2. Mencetak Agenda

size kertas A3 dalam inci

Fungsi lain dari kertas A3 adalah untuk mencetak agenda seperti memory book sekolahan, majalah komersil hingga kalender. Karena ukurannya yang besar, maka desain seperti untuk kalender lebih mudah untuk dikerjakan.

3. Mencetak Media Selebaran

mengubah size kertas A3 dalam inci

Media selebaran seperti poster maupun booklet lebih sering menggunakan kertas A3 dari pada kertas A4 karena ukurannya yang lebih besar menjadikan lebih mudah bagi creator untuk mendesain.

Selanjutnya adalah fungsi dari kertas A3+. Fungsinya sebenarnya hampir sama, yakni untuk kebutuhan mencetak pekerjaan desain, akan tetapi untuk lebih mengetahui fungsi dari pada kertas A3+, akan penulis jelaskan melalui contoh kasus berikut ini:

Ketika kamu sedang membuat sebuah desain poster menggunakan kertas A3, maka seluruh bagian desain akan diberi warna, sehingga ketika dicetak kertas harus dipenuhi dengan tinta. Pada proses mencetak ini, printer akan sulit menjangkau pinggiran kertas.

Nah, oleh sebab itu adanya kertas A3+ yang ukurannya lebih besar, akan membuat hasil cetakan jauh lebih sempurna, karena printer tidak perlu menjangkau sisi pinggir kertas. Selesai dicetak, untuk proses finishing kamu bisa memotong bagian pinggir kertas yang sudah tidak digunakan.

Cara Membedakan Kertas A3 dan A3+ dengan Mudah

size kertas A3 dalam inci

Sudah penulis singgung di awal, cara termudah untuk membedakan kertas A3 dan A3+ adalah dengan cara ambil dua buah kertas ukuran A4. Lalu, dua buah kertas A4 tersebut kamu jajarkan menjadi satu.

Selanjutnya, taruh dua buah kertas A4 tersebut di atas kertas A3. Apabila ukurannya sama, maka bisa dipastikan itu adalah ukuran kertas A3. Namun, jika ukurannya lebih besar, maka kertas itu adalah kertas A3+. Gimana sangat simpel, kan?

Kertas A3 adalah ukuran kertas yang sering digunakan untuk kebutuhan desain. Aplikasi yang umum digunakan untuk mendesain adalah Coreldraw. Namun itu hanyalah salah satunya, karena masih banyak aplikasi lain untuk mendesain.

Ukuran kertas A3 hampir sama dengan kertas A3+, yang membedakan hanyalah besar panjangnya. Ukuran kertas A3 memiliki ukuran 11,69 x 16,54 inci. Sedangkan ukuran kertas A3+ adalah 13 x 19 inci.

Leave a Comment