3 Cara Membuat Stiker WA di HP, Mudah dan Praktis!

Mengirim stiker-stiker lucu saat chatting di Whatsapp memang menjadi aktivitas yang menyenangkan. Tapi tahukah kamu jika cara membuat stiker WA yang unik dan lucu ini sangatlah mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di Android?

Selain melalui Android, kamu juga bisa membuat sticker WA melalui PC. Tidak dibutuhkan banyak aplikasi untuk menghasilkan stiker unik dan lucu ini untuk dapat dipakai saat melakukan chatting.

Cara Membuat Stiker WA dengan Photo Sendiri

Jika kamu berniat membuat stiker menggunakan foto pribadi maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Berikut ini adalah cara membuat stiker WA menggunakan Android.

  • Mempersiapkan foto utama

Dalam membuat stiker, pertama kamu harus mempersiapkan foto pribadi tanpa background. Untuk menghilangkan background kamu bisa menggunakan aplikasi Background Eraser yang dapat diunduh di Playstore.

langkah membuat stiker WA bergerak

Buka foto kamu menggunakan aplikasi tersebut dan lakukan penghapusan secara otomatis. Untuk hasil yang rapi kamu juga dapat menghapus sendiri pada tools penghapus yang telah disediakan.

  • Crop Foto

Masih pada aplikasi Background Eraser kamu dapat melakukan pemotongan foto agar hasil gambar menjadi lebih fokus. Potong sesuai ukuran yang dikehendaki jangan terlalu besar karena hasilnya kurang bagus.

langkah membuat stiker WA di pc

  • Perbaiki Foto

Perhatikan kualitas gambar setelah dipotong. Jika kualitas gambar menjadi berkurang setelah dilakukan proses pemotongan, maka gunakan tombol repair untuk memperbaiki foto. Maka pixel gambar akan menjadi sedikit lebih bagus.

tips bikin stiker WA di pc

  • Simpan Foto

Setelah selesai melakukan  editing maka selanjutnya kamu tinggal menekan tombol simpan agar hasil editing tersimpan di memori internal. Namun sebelum menyimpan pastikan dulu apakah gambar sudah sesuai selera.

step by step membuat tulisan stiker WA

  • Finishing Menggunakan Picsart

Unduh terlebih dahulu aplikasi Picsart yang dapat diunduh menggunakan Playstore. Setelah itu ubah ukuran foto hasil crop menjadi 600 x 600 agar hasil gambar lebih jernih dan akurat.

tutorial membuat stiker WA tulisan

Stiker kamu sudah selesai dibuat dan siap digunakan untuk chatting menggunakan aplikasi Whatsapp. Cara membuat stiker WA ini sangat dasar dan banyak alternatif aplikasi lain yang lebih sulit dan rumit.

Baca Juga : Cara Upload Video ke Youtube

Cara Membuat Stiker WA Berupa Tulisan

Selain membuat sticker dengan foto sendiri, ada juga cara membuat stiker WA berupa tulisan dengan background warna polos. Aplikasi yang perlu dipersiapkan untuk cara ini adalah Picsart.

  • Download Aplikasi Picsart

kamu dapat mengunduh aplikasi Picsart secara gratis menggunakan Playstore atau Appstore favorit. Cara membuat stiker WA di Picsart sangat mudah sehingga aplikasi ini sering dijadikan rekomendasi.

  • Menambahkan Tulisan Pada Gambar

Cara membuat stiker WA tulisan sangat mudah cukup siapkan gambar kemudian tambahkan tulisan menggunakan aplikasi Picsart. Kamu juga bisa menggunakan foto yang dibuat tadi.

tutorial membuat stiker WA di picsart

  • Pilih Font Tulisan

Setelah menambahkan tulisan pada gambar yang ditentukan maka kamu dapat mengedit font. Tekan tombol font pada aplikasi Picsart untuk memilih font kesukaan kamu.

tutorial membuat stiker WA di pc

  • Edit Ukuran Gambar

Setelah tulisan selesai dibuat maka kamu bisa langsung mengubah ukuran gambar sesuai dengan kebutuhan. Sangat disarankan menggunakan ukuran 600 x 600 karena ini ukuran paling ideal.

tutorial membuat stiker WA untuk jualan

  • Simpan Gambar

Untuk melakukan penyimpanan kamu cukup menekan tombol simpan pada aplikasi Picsart tersebut. Pastikan lagi apakah editing sudah selesai atau belum, jika masih kurang puas silahkan lakukan editing lagi.

cara membuat tulisan stiker WA

Setelah proses penyimpanan selesai maka stiker kamu siap digunakan pada aplikasi Whatsapp. Stiker tersebut nantinya dapat dicari pada saat kamu melakukan chatting dan menekan tombol stiker.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Mengetahui Whatsapp Kita diSadap atau Tidak

Cara Membuat Stiker WA yang Bergerak

Cara membuat stiker WA bergerak  sebenarnya dapat dilakukan dengan dua cara. Metode pertama dapat dilakukan tanpa aplikasi sedangkan metode kedua dapat dilakukan dengan menggunakan stiker aplikasi.

  • Membuat Stiker Bergerak Tanpa Aplikasi

Untuk membuat stiker bergerak tanpa aplikasi kamu dapat memanfaatkan fitur yang telah disediakan oleh Whatsapp. kamu dapat menggunakan fitur emoji dalam aplikasi Whatsapp default.

  • Buka Fitur Emoji

Fitur emoji bergerak telah disediakan oleh Whatsapp jadi jika emoji default dirasa kurang memuaskan pengguna dapat memanfaatkan fitur ini. Tombol emoji bergerak dapat ditemukan pada tombol paling kanan.

cara membuat stiker WA tinggal tempel

  • Unduh Koleksi Stiker Bergerak

Akan terlihat tanda plus dimana kamu dapat menambahkan sendiri berbagai macam koleksi emoji yang dapat bergerak. Fitur ini dapat kamu nikmati secara gratis dan mudah dari Whatsapp.

tips bikin stiker WA di picsart

  • Emoji Siap Digunakan

Emotikon dari Whatsapp yang telah terunduh dapat kamu gunakan setiap melakukan chatting bersama teman. Emoji tersebut akan tetap berada di Android kamu tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Alternatif Membuat Stiker Whatsapp Bergerak

Langkah tersebut tentunya sangat mudah diaplikasikan namun bila kamu kurang puas dengan koleksi stiker tersebut kamu masih bisa membuat sendiri. Dengan menggunakan aplikasi Isticker kamu bisa mengkustomisasi sesuai selera.

  • Download Aplikasi Isticker

Aplikasi Isticker dapat kamu unduh menggunakan Playstore atau Appstore lain yang sering digunakan.  Perlu diingat bahwa aplikasi Isticker asli adalah yang menggunakan logo orang berkacamata.

tips bikin stiker WA secara online

  • Kombinasi dengan Situs Ezgif.com

Untuk mencari koleksi gif yang beraneka ragam kamu dapat mencari di situs Ezgif.com. Kemudian klik tombol gif resizer untuk mengubah ukuran gif sesuai dengan kebutuhan agar bentuknya ideal.

cara membuat stiker WA secara online

  • Ubah Ukuran Gif

Setelah menemukan file gif kamu harus mengubahnya menjadi ukuran 512 x 512 atau 600 x 600 agar bentuknya ideal. Jika ukurannya terlalu besar maka Whatsapp tidak akan menampilkan gif tersebut.

tips bikin stiker WA di iphone

  • Konversi GIF

Kamu harus mengubah format .gif menjadi .webp agar dapat bergerak saat digunakan chatting menggunakan Whatsapp. Pengubahan format ini juga dapat dilakukan menggunakan situs Ezgif.com

tips bikin stiker WA di picsart

  • Download Gif yang Telah Dikonversi

Setelah proses konversi selesai kamu tinggal mengunduhnya dengan menggunakan Ezgif.com. Proses pengunduhan tidak memakan waktu lama karena ukuran .webp relatif kecil.

tips bikin tulisan stiker WA

  • Kembali ke Aplikasi Isticker

Masuk lagi ke aplikasi Isticker dan crop gif yang telah kamu unduh tadi. Proses pemotongan gambar ini berfungsi agar gif yang dijalankan nantinya tidak terlalu besar sehingga mudah digunakan.

tips bikin stiker WA secara online

  • Ganti Nama Gif

Setelah proses pemotongan selesai maka kamu tinggal mengganti nama gif. Pastikan juga gambar potongan tadi sudah ada di dalam folder Isticker kamu sehingga lebih mudah dicari.

tips bikin stiker WA di pc

  • Tambahkan ke Whatsapp

Setelah proses penggantian nama selesai kamu bisa langsung menambahkan stiker tersebut pada aplikasi Whatsapp. Isticker dapat terintegrasi secara langsung dengan aplikasi Whatsapp kamu.

cara membuat stiker WA bergerak

  • Stiker Siap Digunakan

Stiker yang telah kamu tambahkan menggunakan aplikasi Isticker tadi sudah siap digunakan untuk chatting. Proses pembuatan stiker sendiri memang memakan waktu namun hasilnya lebih bagus.

langkah membuat stiker WA di iphone

Kombinasi penggunaan Isticker dan Ezgif.com sebagai cara membuat stiker WA online memang cukup populer. Fleksibilitasnya memungkinkan para pengguna untuk membuat stiker sendiri tanpa batasan.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat stiker WA yang bisa berjalan. Dengan begitu kamu bisa melakukan chatting dengan karakter lucu dan unik buatan sendiri. Dijamin dengan stiker kreatif aktivitas chatting dapat lebih seru.

Baca Ini Juga : Cara Video Call Whatsapp di Laptop

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Stiker WA

Sebagai informasi tambahan mengenai cara membuat stiker WA sendiri tentunya kamu dapat menggunakan aplikasi lainnya. Tersedia berbagai macam aplikasi lain yang bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi.

Tutorial sebelumnya adalah referensi dasar menggunakan aplikasi paling mudah sehingga setiap orang dapat membuat stiker sendiri. Berikut ini adalah beberapa aplikasi lain yang juga dapat kamu gunakan.

1. 10 Stiker Packs For WA

cara membuat stiker WA di picsart

Aplikasi ini merupakan koleksi stiker yang disediakan oleh developer aplikasi Telegram. Meskipun begitu kompatibilitasnya dengan aplikasi Whatsapp sangat bagus dan mudah digunakan oleh para pemula.

2. Stickotext

cara membuat stiker WA secara online

Jika kamu ingin membuat sendiri stiker dengan tambahan tulisan secara mudah aplikasi ini cukup pas untuk dicoba. Stickotext dapat kamu unduh secara gratis melalui Playstore bagi pengguna Android.

3. Stiker Cloud Packs

cara membuat stiker WA tinggal tempel

Jika kamu bosan dengan stiker default milik Whatsapp tidak ada salahnya mencoba aplikasi ini. Terdapat ratusan jenis stiker yang selalu diupdate oleh developer sehingga kamu dijamin tidak akan bosan.

4. Sticker Maker

tips bikin stiker WA di picsart

Jika kamu ingin membuat sendiri stiker dengan koleksi foto pribadi maka aplikasi ini termasuk mudah digunakan. Bahkan tutorial penggunaan aplikasinya tersedia pada saat pertama kamu membukanya.

5. Stickify

tips bikin stiker WA secara online

Aplikasi Stickify merupakan salah satu pilihan bagi kamu yang ingin jutaan pilihan stiker dan emoji. Pihak developer telah mempersiapkan berbagai macam pilihan stiker yang dapat dikustomisasi.

Lima aplikasi tadi merupakan rekomendasi terbaik yang dapat kamu coba. Kemudahan membuat stiker akan membuat aktivitas chatting semakin menyenangkan dengan adanya stiker lucu.

Masih banyak aplikasi lain yang dapat kamu jadikan sebagai sebuah rujukan. Cara membuat stiker WA menggunakan aplikasi tidak memakan waktu lama jadi ketika chatting kamu juga bisa berkreasi.

Leave a Comment