Pengertian Steward Adalah: Menjelaskan Peran dan Tugas Steward dalam Industri Penerbangan

Selamat datang di artikel kami yang akan membahas mengenai pengertian steward adalah dalam konteks industri penerbangan. Dalam artikel ini, kita akan membahas peran dan tugas seorang steward serta pentingnya peran mereka dalam menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang pengertian steward adalah, maka Anda telah berada di tempat yang tepat. Teruslah membaca untuk menggali pengetahuan dan informasi yang lebih mendalam tentang peran penting steward dalam penerbangan.

Steward atau pramugari/pramugara adalah anggota awak kabin yang bertanggung jawab untuk melayani dan menjaga keamanan serta kenyamanan penumpang di pesawat terbang. Mereka menjalankan tugas-tugas penting seperti menyambut penumpang saat memasuki pesawat, memberikan arahan mengenai keselamatan selama penerbangan, serta menyediakan makanan, minuman, dan kebutuhan lainnya kepada penumpang. Selain itu, mereka juga bertindak sebagai duta perusahaan penerbangan dan berperan dalam menjaga kerapihan dan kebersihan dalam pesawat.

Peran dan Fungsi Steward

Memastikan Keselamatan dan Kenyamanan

Satu-satunya peran paling penting dari seorang steward adalah menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang selama penerbangan. Mereka dilatih untuk menangani situasi darurat, seperti menghadapi situasi yang memungkinkan terjadinya kebakaran atau keadaan darurat lainnya. Mereka juga bertugas untuk memastikan penumpang menggunakan alat keselamatan seperti sabuk pengaman dan jaket pelampung dengan benar saat dibutuhkan.

Tidak hanya dalam keadaan darurat, tetapi juga dalam situasi biasa, seorang steward bertanggung jawab untuk membantu penumpang dalam menjaga kenyamanan mereka. Mereka memastikan bahwa penumpang merasa aman dan nyaman sepanjang perjalanan, dan menjawab dengan profesionalitas dan kebijaksanaan semua pertanyaan dan permintaan penumpang.

Melayani Kebutuhan Penumpang

Sebagai bagian dari tugas seorang steward, mereka juga bertanggung jawab untuk memberikan layanan makanan dan minuman kepada penumpang. Mereka memastikan bahwa penumpang diberikan makanan dan minuman dengan baik dan efisien. Steward juga dapat membantu penumpang yang memiliki kebutuhan khusus, seperti penumpang dengan gangguan mobilitas atau kebutuhan medis.

Selain itu, seorang steward juga melaksanakan tugas-tugas seperti menjual barang-barang peningkat kenyamanan, seperti perlengkapan penerbangan dan parfum, dalam rangka meningkatkan pendapatan maskapai penerbangan.

Pemeliharaan Kebersihan dan Kerapian Pesawat

Steward juga bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kerapian dalam pesawat. Mereka memantau kondisi pesawat dan membersihkannya dengan baik setelah makanan disajikan. Mereka juga memastikan bahwa toilet tetap bersih dan dilengkapi dengan alat-alat kebersihan yang mencukupi selama penerbangan. Kebersihan pesawat yang baik meningkatkan kenyamanan dan kepuasan penumpang.

Selain itu, seorang steward juga membantu dalam memastikan bahwa perlengkapan kabin seperti makanan, minuman, peralatan keselamatan, dan kit medis tersedia dalam keadaan baik dan mencukupi untuk kebutuhan penumpang selama penerbangan.

Kualifikasi dan Pelatihan Steward

Kualifikasi dan Kriteria

Untuk menjadi seorang steward, seorang calon harus memenuhi beberapa kualifikasi dan kriteria tertentu. Kualifikasi umumnya meliputi:

  • Usia 18-35 tahun
  • Pendidikan minimal SMA/sederajat
  • Kemampuan komunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk wanita dan 170 cm untuk pria
  • Tidak memiliki tato atau tindik di tempat yang tampak saat mengenakan seragam penerbangan

Persyaratan dan kualifikasi terperinci dapat berbeda-beda antara maskapai penerbangan, jadi penting untuk memperhatikannya saat Anda ingin melamar menjadi seorang steward.

Pelatihan Steward

Setelah lulus dari tahap seleksi awal, calon steward akan menjalani pelatihan intensif yang diberikan oleh maskapai penerbangan yang akan mempekerjakan mereka. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang keselamatan penerbangan, pelayanan kepada penumpang, dan tugas lain yang terkait dengan pekerjaan sebagai seorang steward.

Pelatihan ini mencakup teori dan praktek mengenai prosedur keamanan penerbangan, komunikasi interpersonal yang efektif, layanan makanan dan minuman, tata kelola kabin, serta penanganan situasi darurat. Calon steward juga akan dilatih dalam teknik penanganan pertolongan pertama dan CPR, agar dapat memberikan bantuan saat diperlukan selama penerbangan.

Persiapan Sebelum Menjadi Steward

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang steward, ada beberapa persiapan yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil:

Persiapkan Pengetahuan Bahasa Asing

Bahasa adalah salah satu keterampilan kunci yang diperlukan dalam pekerjaan sebagai steward. Seorang steward harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jika Anda belum lancar dalam bahasa Inggris, Anda dapat mengikuti kursus bahasa untuk meningkatkan keahlian Anda.

Mengembangkan Keterampilan Layanan Pelanggan

Steward bertugas memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang. Untuk itu, Anda harus memiliki keterampilan layanan pelanggan yang baik. Anda dapat mencoba bekerja di industri jasa, seperti restoran atau hotel, untuk mengembangkan keterampilan ini.

Jaga Penampilan Fisik dan Kesehatan

Steward adalah representasi dari maskapai penerbangan. Oleh karena itu, menjaga penampilan fisik yang rapi dan sehat adalah penting. Jaga berat badan Anda, rajin berolahraga, dan pastikan Anda tanpa penyakit yang dapat mengganggu tugas Anda sebagai seorang steward.

Dengan melakukan persiapan yang matang, Anda dapat meningkatkan peluang Anda dalam menjadi seorang steward yang sukses dan memenuhi persyaratan perusahaan penerbangan.

Frequently Asked Questions (FAQ) – Pengertian Steward Adalah

1. Apa itu steward?

Steward adalah sebutan untuk pramugari atau pramugara dalam industri penerbangan. Mereka bertugas untuk melayani penumpang dan menjaga keselamatan serta kenyamanan di pesawat terbang.

2. Apa tugas seorang steward?

Tugas seorang steward antara lain adalah menyambut penumpang saat memasuki pesawat, memberikan arahan keselamatan selama penerbangan, memberikan layanan makanan dan minuman kepada penumpang, menjaga kebersihan dan kerapian pesawat, dan membantu penumpang yang memiliki kebutuhan khusus.

3. Apa syarat untuk menjadi seorang steward?

Beberapa syarat umum untuk menjadi seorang steward adalah usia antara 18-35 tahun, pendidikan minimal SMA/sederajat, kemampuan komunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, serta tinggi badan yang mencukupi.

4. Bagaimana proses pelatihan untuk menjadi seorang steward?

Proses pelatihan untuk menjadi seorang steward meliputi teori dan praktek mengenai prosedur keselamatan penerbangan, layanan pelayanan kepada penumpang, dan tugas-tugas lain yang terkait dengan pekerjaan sebagai seorang steward.

5. Apa keuntungan menjadi seorang steward?

Berikut adalah beberapa keuntungan menjadi seorang steward:

  • Kesempatan untuk bepergian dan menjelajahi berbagai destinasi yang menarik
  • Peluang untuk bertemu orang-orang baru dan menjalin hubungan sosial yang luas
  • Peluang untuk belajar tentang budaya dan kebiasaan masyarakat dari berbagai negara
  • Perkembangan keterampilan komunikasi dan pelayanan pelanggan
  • Peluang untuk mengembangkan karir dalam industri penerbangan

6. Bagaimana tugas seorang steward dalam situasi darurat?

Seorang steward dilatih untuk menangani situasi darurat, seperti kebakaran atau keadaan darurat lainnya. Mereka bertindak sebagai pemimpin dan memberikan instruksi kepada penumpang sesuai prosedur keselamatan yang telah ditentukan.

7. Apakah ada batasan usia menjadi seorang steward?

Umumnya, batasan usia untuk menjadi seorang steward adalah 18-35 tahun. Namun, beberapa maskapai penerbangan mungkin memiliki aturan yang sedikit berbeda mengenai batasan usia ini.

8. Apakah seorang steward bisa menikah dan memiliki anak?

Banyak maskapai penerbangan tidak mengizinkan steward menikah dan memiliki anak. Hal ini terkait dengan jadwal kerja yang fleksibel dan tuntutan pekerjaan yang tinggi. Namun, beberapa maskapai mungkin memiliki kebijakan yang berbeda mengenai hal ini.

9. Apakah seorang steward dapat berkomunikasi dengan keluarga selama penerbangan?

Seorang steward biasanya tidak dapat berkomunikasi dengan keluarga mereka selama penerbangan karena tugas mereka adalah melayani penumpang dan menjaga keselamatan di pesawat. Namun, setelah selesai shift, mereka dapat berkomunikasi dengan keluarga mereka.

10. Bagaimana prospek karir seorang steward?

Prospek karir seorang steward dapat cukup menjanjikan. Setelah berhasil membangun pengalaman dan keterampilan dalam bidang ini, seorang steward dapat memperoleh promosi menjadi kepala kabin dan mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Ada juga kesempatan untuk mengikuti pelatihan dan kursus yang lebih lanjut untuk meningkatkan kualifikasi dan memperluas peluang karir.

Kesimpulan

Steward adalah bagian penting dalam industri penerbangan. Peran mereka sebagai pelayan, penjaga keselamatan, dan duta maskapai penerbangan sangat penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang di pesawat terbang. Untuk menjadi seorang steward, seseorang harus memenuhi kualifikasi tertentu dan menjalani pelatihan intensif. Namun, pekerjaan ini juga memberikan keuntungan dan peluang karir yang menarik.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang pengertian steward adalah dan peran mereka dalam industri penerbangan, kami mengundang Anda untuk membaca artikel kami yang lain. Semoga artikel ini memberikan wawasan dan pengetahuan yang berguna bagi Anda yang tertarik dengan industri penerbangan.

Originally posted 2023-08-02 14:33:59.

Leave a Comment